Berapa Lama Kartu SD Bertahan: Berikut Penjelasannya
Berapa Lama Kartu SD Bertahan (Gambar Samsung Memory - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Teknologi di balik kartu SD didasarkan pada memori flash. Memori flash menaruh data dengan aman apalagi tanpa catu daya. Lantas - kira-kira berapa lama kartu SD bertahan?

Walaupun begitu teknologi ini juga terdapat batasnya. Muatan listrik yang ditaruh dalam sel memori, yang mewakili informasi kita, bisa jadi tidak normal bersamaan berjalannya waktu.

Ini berarti kartu SD bisa kehabisan isinya, yang pada kesimpulannya menimbulkan hilangnya informasi dalam permasalahan terburuk. Tetapi berapa lama perihal ini bakal berlangsung?

Berapa Lama Kartu SD Bertahan

Bagi standar memori flash, yang pula dirujuk oleh produsen kartu SD, sel memori wajib sanggup menaruh data paling tidak sepanjang 10 tahun pada suhu 55 derajat celcius. Kedengarannya meyakinkan pada awalnya, tetapi dalam praktiknya terdapat aspek lain yang berperan.

Faktor- faktor tersebut antara lain kualitas kartu, intensitas pemakaian, serta keadaan lingkungan. Seluruhnya ini mempengaruhi masa gunakan kartu SD yang sesungguhnya.

Misalnya, seringnya menulis serta menghapus data, temperatur tinggi, apalagi kelembaban bisa memacu proses penuaan sel memori. Kartu yang lebih murah serta dibuat dari komponen yang kurang kokoh kerap kali terkena dampaknya.

Susah buat memberikan jawaban menyeluruh atas persoalan tentang berapa lama kartu SD bakal bertahan. Perihal ini tergantung pada banyak aspek, mulai dari mutu kartu sampai tipe pemakaian serta keadaan lingkungan.

Sebagian pengguna memberi tahu kartu yang masih berfungsi sempurna setelah beberapa tahun ditaruh di laci. Yang lain mengalami kalau kartu SD yang digunakan secara intensif bakal lenyap sehabis beberapa saat.

Jadi akhirnya tetap, yakni kartu memori SD merupakan perlengkapan yang luar biasa buat penyimpanan serta transportasi informasi seluler. Tetapi, mereka bukanlah pilihan pertama buat pencadangan informasi jangka panjang.

Buat menjauhi kehabisan informasi, hendaknya senantiasa backup data penting di sebagian media. Sebab meski secara teoritis kartu SD dapat bertahan sampai 10 tahun, kenyataannya bisa jadi berbeda sebab berbagai faktor. 

Jadi setelah mengetahui berapa lama kartu SD bertahan, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!