Instagram Ads: Berikut Cara Membuat, Biaya dan Tipsnya
Ilustrasi Instagram Ads (foto: Georgia de Lotz - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Instagram Ads (iklan Instagram) merupakan salah satu social media marketing yang pas buat dimanfaatkan bila kalian mau berbisnis di Instagram.

Dengan fitur IG Ads ini kalian dapat menjangkau audiens yang lebih luas supaya tertarik buat membeli produk yang diiklankan.

Buat memasang iklan di Instagram ini pelakon bisnis wajib mengeluarkan sebagian bayaran dan penuhi sebagian persyaratan.

Apa saja syaratnya? Kira- kira berapa bayaran yang dibutuhkan? Bagaimana metode pasang iklan di Instagram? Ayo langsung ikuti sepenuhnya di mari!

Apa Itu Instagram Ads?

Instagram Ads merupakan fitur untuk para pebisnis buat beriklan yang didatangkan langsung oleh Instagram.

Tujuan penggunaannya supaya foto serta video yang kalian unggah bisa menarik atensi para audiens sehingga tertarik membeli produk yang kalian iklankan.

Brand ataupun usaha yang baru dirintis pula dapat diperkenalkan dengan lebih segera sebab bagi Instagram, 62% pengguna melaporkan kalau mereka menemukan bahan- bahan baru dari iklan di Instagram.

Pemanfaatan IG Ads ini tidak free. Maka itu, kalian butuh mengeluarkan sedikit bayaran supaya produk kalian dapat diketahui oleh publik luas.

Kendati berbayar, beriklan di Instagram berpeluang mendatangkan keuntungan berlipat. Terlebih bila kalian menggunakan fitur lain di Instagram buat memasarkan produkmu.

Cara Membuat Instagram Ads

Berikut langkah- langkah membuat Instagram Ads melalui berbagai metode:

Boost post konten organik

1) Buka Instagram serta tampilkan artikel yang mau diiklankan kemudian klik tombol boost post.

2) Sehabis klik tombol boost post, seleksi objektif ataupun select goal yang hendak dijadikan tujuan beriklan, apakah agar user mengunjungi profil, kunjungan ke situs, ataupun memperoleh direct message.

3) Sehabis kalian memilah objektif, lanjut ke pemilihan audience. Kalian bebas memilah apakah mau memakai automatic audience yang nantinya didetetapkan Instagram ataupun membuat sendiri sesuai kebutuhanmu. Hendaknya seleksi guna membuat audience sendiri dengan klik opsi create your own.

4) Berikutnya beri nama audience( sesuai kebutuhan masing- masing), pilih lokasi, minat, usia, serta gender. Sehabis itu klik tombol done.

5) Lanjutkan ke pemilihan budget dengan membiasakan kebutuhan alokasi sendiri serta seleksi apakah durasinya ingin supaya senantiasa berjalan ataupun didetetapkan beberapa hari.

6) Terakhir pada halaman review, cek kembali apakah seluruhnya telah cocok dengan yang di idamkan.

Berapa Harga IG Ads?

Sesungguhnya, harga IG Ads bergantung dengan model penawaran yang digunakan. Buat rata- rata, harga iklan Instagram dapat mulai dari Rp2.936– Rp98.081, berikut rinciannya:

  • Cost per clicks (CPC), pengiklan perlu membayar Rp2.936 hingga Rp29.362/klik.
  • Cost per impression (CPM), pengiklan perlu membayar sekitar Rp98.081/1000 tayangan.
  • Cost per engagement (CPE), pengiklan membayar mulai dari Rp146 – Rp731/keterlibatan (pengguna).

Tips Beriklan di Instagram Ads

1. Tentukan tujuan kampanye

Saat sebelum mengawali kampanye iklan, yakinkan tujuanmu jelas. Apakah mau tingkatkan kesadaran merek, tingkatkan penjualan, ataupun tingkatkan lalu lintas ke situs website?

Dengan memastikan tujuan yang jelas, perencanaan kampanye iklanmu terus menjadi efisien.

2. Targetkan audience yang tepat

Instagram Ads sediakan bermacam opsi targeting buat menolong menjangkau audience yang pas. Targetkan bersumber pada posisi, demografi, atensi, perilaku, serta yang lain. Yakinkan buat memilah opsi targeting yang relevan dengan produkmu.

3. Pakai foto ataupun video berkualitas tinggi

Instagram ialah platform visual, sehingga foto ataupun video yang menarik serta bermutu tinggi sangat berarti. Yakinkan konten yang digunakan sesuai dengan identitas merek serta menarik atensi audience.

4. Buat caption yang menarik

Tidak hanya foto ataupun video, caption merupakan elemen berguna dari iklan Instagram. Buatlah semenarik mungkin tetapi tetap informatif, dan singkat serta jelas. Yakinkan caption berisi mewakili nilai tambah yang ditawarkan kepada audience.

5. Gunakan Call to action (CTA) yang tepat

CTA berarti buat mendorong audience-mu melaksanakan aksi tertentu, semacam mendatangi situs website ataupun membeli produk. Yakinkan CTA cocok dengan tujuan iklan serta persuasif.

6. Uji dan maksimalkan kampanye

Sehabis kampanye iklanmu berjalan, yakinkan buat terus memantau kinerjanya. Jalani A/ B testing buat mengenali apa yang berperan serta tidak. Maksimalkan kampanye bersumber pada informasi yang dikumpulkan buat tingkatkan kinerja iklan seiring waktu.

7. Pakai fitur pengukuran serta pelaporan

Instagram Ads sediakan bermacam fitur pengukuran serta pelaporan yang bisa menolong Kalian menguasai kinerja kampanye Kalian serta membuat keputusan yang pas. Yakinkan buat menggunakan fitur ini guna tingkatkan kinerja iklanmu seiring waktu. 

Jadi setelah mengetahui seluk beluk Instagram Ads, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!