Bagikan:

JAKARTA - Situs Apple Store mengalami gangguan teknis pada Jumat 15 September ketika para konsumen yang cekatan berbondong-bondong untuk melakukan pemesanan awal iPhone 15 yang baru.

Pemesanan awal untuk produk andalan baru ini resmi dibuka pada pukul 13.00 BST, setelah smartphone baru ini diumumkan beberapa hari yang lalu.

Namun, pada pukul 13.15 BST, situs Apple Store mengalami gangguan dan kemungkinan besar karena mendapat lonjakan pesanan yang besar. Sebuah pesan di situs web tersebut menampilkan pesan: "Hampir selesai. Hanya beberapa sentuhan terakhir dan Apple Store akan siap. Sampai jumpa sebentar lagi." Konsumen yang marah mengungkapkan kekecewaannya di platform media sosial.

Salah satu pengguna, Matt Wallace, menulis: "Apple adalah perusahaan terbesar di dunia dan mereka bahkan tidak bisa membuat situs web mereka berfungsi saat peluncuran iPhone 15 yang telah direncanakan!"

Lainnya membagikan tangkapan layar pesan kesalahan dengan postingan: "Saya: ambil uang saya! Apple: Tidak!"

Pengguna lain, Kyle Thayer menulis: 'Pemesanan awal iPhone itu cukup buruk. Aplikasi Apple Store mengalami crash berkali-kali, dan kehilangan pemesanan saya. Saya mencoba menggunakan laptop dan tetap butuh waktu sekitar 15 menit."

Dan Symone B. Beez menambahkan: 'Bahkan Apple, perusahaan senilai 3 triliun dolar, telat dalam peluncuran produk iPhone 15 mereka.'

Situs Apple Store tetap tidak dapat diakses selama sekitar 15 menit sebelum pelanggan melaporkan dapat mengaksesnya kembali. Apple mengumumkan iPhone 15 yang dinantikan dalam acara 'Wonderlust' perusahaan di California pada Selasa, 12 September.

Rangkaian standar ponsel dimulai dari 799 dolar AS (Rp12,2 juta) dan dilengkapi dengan layar berukuran 6,1 inci dan 6,7 inci yang sama seperti yang diperoleh pengguna dari generasi iPhone sebelumnya.

Namun, ponsel baru ini mengalami perubahan signifikan pada layarnya. "Notch" di bagian atas ponsel, yang sebelumnya dianggap sebagai cacat desain, telah digantikan oleh "pulau dinamis" yang digunakan pada model Pro saat ini.

Perangkat andalan ini juga tersedia dalam lima warna baru - merah muda yang menarik, kuning, hijau, biru, dan hitam - serta memiliki kamera yang ditingkatkan yang seharusnya memungkinkan zoom yang lebih kuat.

Apple mengatakan iPhone 15 akan memiliki "daya tahan baterai sepanjang hari" dan bahwa 15 Plus akan memiliki baterai yang lebih besar, tetapi belum jelas berapa lama keduanya akan bertahan.

Apple juga mengkonfirmasi bahwa iPhone 15 akan dilengkapi dengan port pengisian USB-C, yang sama dengan yang digunakan saat ini untuk mengisi iPad dan Mac.

AirPods Pro juga akan beralih ke USB-C, yang seharusnya memungkinkan pengisian yang lebih cepat di semua produk Apple.

iPhone 15 juga memiliki fitur "isolasi suara" berbasis kecerdasan buatan yang baru yang akan memudahkan untuk didengar bahkan jika Anda berada di kereta yang ramai atau di tempat umum.

Sementara itu, Apple bangga dengan seberapa ramah lingkungan iPhone 15, dengan tambahan bahwa ponsel ini memiliki casing sebagian daur ulang dan kandungan kobalt yang sepenuhnya digunakan kembali.

Apple juga mengklaim chipset A17 Pro yang baru 10 kali lebih berat dibandingkan dengan pendahulunya dan sebanding dengan beberapa PC. Ini seharusnya membuatnya lebih baik untuk bermain game mobile dengan resolusi tinggi.