Catat Tips Ini Sebelum Membeli Monitor Komputer yang Tepat
Ilustrasi bermain game dengan monitor komputer (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Monitor komputer sangat diperlukan bagi sebagian orang untuk menunjang pekerjaan. Tak hanya terbatas pada pekerjaan, para pemain game pun banyak menggunakan monitor.

Sebelum membeli monitor, ada banyak hal yang perlu diketahui lebih dulu agar tidak salah dalam memilih. Dengan banyaknya jenis monitor, Anda bisa menentukan tipe yang pas untuk digunakan sehari-harinya.

Melansir dari Engadget, hal pertama yang perlu dipahami adalah mengenai tipe panel pada monitor. Ada tiga tipe panel, yakni Twined Nematic (TN), Alignment Vertical (VA), dan In-Plane Switching (IPS).

Tipe TN dan VA sangat cocok bagi gamer dan para pekerja kantor. Selain karena harganya yang relatif murah, kecerahannya sudah cukup baik. Namun, tipe IPS lebih cocok untuk para pembuat konten karena akurasi warnanya yang sangat tepat dan kualitas gambarnya yang baik.

Selanjutnya, Anda perlu tahu tentang ukuran layar yang tepat. Saat ini, ukuran layar semakin beragam dan semakin luas, bahkan hingga 42 inci dengan layar ultrawide yang bahkan melengkung.

Ukuran layar ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Terlepas dari ukurannya, jangan lupa untuk memperhatikan resolusi monitornya. Pembuat konten biasanya lebih memanfaatkan monitor dengan resolusi 5K hingga 8K, meskipun 4K juga tidak menjadi masalah.

Masalah HDR pun bisa diperhatikan karena HDR 400 dan 500 bisa mengecewakan berkat tingkat kecerahannya yang kurang. Jika ingin sedikit lebih baik, Anda bisa memilih DisplayHDR 600, 1000, True Black 400, 500, hingga 600.

Untuk para gamer, tingkah refresh menjadi hal yang penting. Layar dengan resolusi 4K biasanya sudah dengan 60Hz atau sama dengan 60 kali per detik. Semakin tinggi angkanya, maka akan semakin baik dalam penggunaannya.

Terakhir, warna gamut menjadi pertimbangan yang cukup penting. Dengan warna gamut, rentang warna yang dihasilkan pun akan berpengaruh. 10-bit sudah bisa menampilkan miliaran warna, berbeda dengan 8-bit yang terbatas pada jutaan.

Itu dia beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum membeli monitor. Dengan pemilihan monitor yang tepat, maka pekerjaan yang dilakukan pun akan lebih lancar dan tanpa kendala.