Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat monitor PC atau komputer Anda tiba-tiba berbayang, jangan buru-buru ganti LCD baru. Ketahui cara mengatasi monitor PC berbayang lebih dulu. Pasalnya kondisi LCD berbayang tidak melulu disebabkan karena kerusakan.

Artikel ini akan memberikan tips mengatasi monitor PC  atau TV berbayang sebelum memutuskan beli LCD baru.

Cara Mengatasi Monitor PC Berbayang

Seperti diketahui, monitor PC berbayang membuat kualitas visual jadi buruk. Lebih parahnya lagi, kondisi tersebut membuat mata sakit. Ada banyak penyebab monitor PC berbayang, salah satunya disebut flicker.

Monitor berbayang flicker ditandai dengan tampilaan icon dan tulisan jadi ganda atau berbayang. Saat memaksakan diri menatap monitor berbayang dikhawatirkan berdampak pada kenyamanan mata. Sebelum memutuskan membawa monitor ke tukang servis, coba beberapa trik berikut ini.

  1. Cek Kabel VGA

Kabel VGA sederhananya membantu menyalurkan tampilan dari PC ke layar monitor. Kabel VGA punya peran penting dalam pendistribusian visual ke LCD. Saat kabel ini bermasalah visual di monitor bisa terkena dampaknya. Cobalah untuk melakukan pengecekan pada kabel VGA untuk memastikan kondisi kabel masih baik dan layak.

  1. Cek Socket Kabel VGA

Pengecekan juga harus dilakukan di bagian pin atau socket kabel VGA. Seringkali pin bengkok karena pencolokan kabel yang sembarangan. Jika terlihat bengkok atau kotor segera ganti kabel VGA untuk mendapatkan kualitas gambar normal seperti sedia kala.

  1. Update Driver GPU

Dikutip dari Desrcipt, komputer punya kemampuan mengolah rangkaian kode biner menjadi grafik visual. Proses tersebut melibatkan perangkat keras grafis dan perangkat lunak grafis. Perangkat keras grafis diwakili oleh GPU, sedangkan perangkat lunak grafis membutuhkan driver grafis.

Hasil visual yang kurang maksimal bisa disebabkan oleh driver grafis yang perlu update. Untuk melakukan update, Anda bisa membawa komputer ke service centre.

  1. Ubah Refresh Rate

Kecepatan refresh rate yang terlalu tinggi berdampak pada monitor yang berbayang. Untuk mengurangi flicker pada monitor, Anda bisa mengurangi kecepatan refresh rate yang ada di sistem dengan cara berikut ini.

  • Masuk ke menu “Setting”
  • Masuk ke bagian “System” lalu klik “Display”
  • Scroll hingga ke bawah sampai menemukan menu “Advanced Display” lalu klik menu tersebut
  • Di bagian menu “Choose a Refresh Rate” ganti menjadi 40.04 Hz
  • Setelah tampilan normal klik “Keep Changes”
  • Restart komputer agar tampilan kembali normal.
  1. Turunkan Windows yang Terinstall ke Versi Lebih Rendah

Jika tampilan masih berbayang, penyebab monitor berbayang bisa dikarenakan Windows yang terinstall di komputer terlalu tinggi sehingga perangkat tidak sesuai dengan kompabilitasnya. Untuk mengatasi hal tersebut ganti Windows ke versi yang lebih rendah.

Itulah informasi terkait cara mengatasi monitor PC berbayang. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.