Bagikan:

JAKARTA - Di zaman modern seperti sekarang ini laptop atau komputer tentunya menjadi perangkat yang penting dalam kehidupan masyarakat. masyarakat menggunakan komputer untuk bekerja, sekolah, kuliah bahkan untuk bermain game.

Namun ketika kamu banyak menghabiskan waktu di depan komputer apalagi ketika bermain game maka kamu membutuhkan meja komputer atau kursi gaming yang sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini agar posisi kamu di depan komputer nyaman.

Sayangnya banyak orang yang mengabaikan furnitur ini. Mereka membelinya tanpa memperhatikan kenyamanan saat di depan komputer. Banyak diantara mereka yang beranggapan yang penting ada meja dan kursi tanpa memperhatikan kenyamanan.

Nah, agar tidak salah pilih, berikut beberapa tips memilih furniture komputer yang tepat agar kamu nyaman ketika berada di depan komputer, diantara adalah:

Hal yang harus dilakukan sebelum membeli meja komputer

Pada dasarnya, sebelum berbelanja maka kamu harus memikirkan kebutuhan, apalagi jika menyangkut meja komputer. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi penggunaan meja komputer, seperti lokasinya.

Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli meja komputer sebelum kamu menyesal karena salah membeli meja komputer.

1. Tentukan letak meja komputer

Saat kamu melakukan kegiatan apa pun tentunya kamu ingin melakukannya dengan nyaman. Begitu juga ketika kamu ingin membeli meja komputer, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tempat atau penataannya di rumah.

Apakah di dekat pintu, di tengah ruangan, atau di pinggir ruangan? Selain itu, ingatlah untuk memperhatikan ruangan yang tersedia karena hal ini juga akan menentukan ukuran dan model meja komputer yang akan dibeli.

Misalnya saja jika ruangan rumah kamu sempit, meja komputer yang terbaik adalah model kecil atau jenis meja lipat. Sehingga tidak mengganggu aktivitas lain di rumah kamu.

2. Pertimbangkan barang yang akan diletakkan

Meski disebut meja komputer, tetapi tentunya ada barang-barang lain yang biasanya diletakan pada meja komputer. Seperti komponen pendukung lainnya seperti mouse, keyboard, speaker bahkan printer.

Selain itu juga ada benda-benda kecil seperti buku, arsip atau mungkin alat tulis kantor yang lainnya. Setelah mengetahui barang-barang apa saja yang akan diletakan di atas meja, maka kamu dapat menentukan ukuran meja komputer yang tepat.

3. Pilih produk yang ergonomis

Pertimbangan yang sangat penting sebelum membeli meja dan kursi komputer terkait dengan desainnya. Kamu harus memilih furniture yang ergonomis karena hal tersebut berkaitan dengan kesehatan fisik kamu.

Meja komputer dengan desain ergonomis dan bertujuan untuk memberikan kenyamanan maksimal. Hal ini bisa kamu perhatikan dari ketinggian meja, posisi laci atau tempat penyimpanan, namun juga keberadaan kaki dan bagian bawah meja.

Idealnya, tinggi meja harus sejajar dengan lengan agar tangan tidak sakit. Untuk penyimpanannya, kamu bisa memilih meja komputer dengan rak atau laci di bagian samping namun tidak tinggi atau rendah sehingga memudahkan mengaksesnya.

Sementara itu, penyangga kaki dapat disesuaikan dengan situasi. Ada orang yang merasa lebih nyaman jika ada penopang kaki di bawah meja, tapi ada juga yang justru merasa tidak nyaman. Di samping itu semua, tentu meja komputer ini juga harus dilengkapi dengan kursi kerja yang nyaman.

Kursi komputer ergonomis merupakan kursi komputer yang didesain untuk menopang bagian belakang tubuh hingga sampai ke pundak, memiliki sandaran tangan dan tentunya juga memiliki tuas untuk mengatur ketinggian dari kursi komputer tersebut.

Model Meja Komputer

Jika kamu sudah melakukan semua hal di atas, sekarang kamu tentunya sudah tahu jenis meja komputer apa yang tepat untuk kamu beli. Setidaknya ada beberapa jenis meja komputer yang ada di pasaran, yaitu:

1. Meja komputer standar

Saat ini bentuk meja komputer berkembang sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan masyarakat sehingga banyak jenisnya. Namun model standar masih umum digunakan. Model ini dirangkai dari bagian atas meja, empat kaki sebagai penyangga dan laci di bagian bawah meja.

Cocok bagi kamu yang tidak menyukai hal rumit dan lebih menyukai desain minimalis dan lebih memperhatikan fungsinya.

2. Meja komputer sudut

Ingin memasang meja komputer di pojok ruangan? Jika demikian, pilihlah meja dan kursi komputer sudut. Selain dapat menambah ruang yang tersedia, model ini juga memungkinkan kamu  untuk memasukkan lebih banyak barang ke dalamnya. Selain itu, jenis ini sering digunakan untuk menyiapkan tempat penyimpanan berbeda di lapangan.

Tak hanya itu, jika kamu bekerja dengan menggunakan dua komputer, maka kamu bisa mengandalkan model meja komputer seperti  ini. Kamu tidak perlu bergerak, cukup memutar kursi untuk mengakses komputer lain.

3. Meja komputer huruf U

Selain model sudut, juga terdapat meja komputer berbentuk huruf U, dimana model ini paling lebar karena meja berada di depan, kiri dan kanan. Jika sebelumnya dapat mengakses dua komputer, model ini dapat mengakses tiga komputer sekaligus.

Namun karena ukurannya yang besar, maka kamu harus memiliki ruangan yang luas. Oleh karena itu, ukurlah ruangan dengan lebih detail, karena jika ruangan kamu tidak mencukupi, meja komputer dapat membuat ruangan semakin sempit, sulit bergerak dan tidak nyaman.

4. Meja komputer gantung

Apakah ruang kamu terbatas? Jika iya, kamu bisa memilih jenis meja komputer gantung. Hal ini menjadi solusi pada ruangan sempit, model ini juga tampil unik karena tidak memiliki kaki. Pemasangannya sendiri dilakukan dengan cara ditempelkan pada dinding sehingga terkesan melayang.

Seringkali, meja model ini dibuat menggunakan bahan yang kecil, efisien, dan berbeda. Ada juga yang menggunakan gaya lipat yang didesain sedemikian rupa sehingga jika tidak berfungsi bisa mengangkat bagian atas meja dan menutupnya.

Karena meja komputer jenis ini diletakkan di dinding, sebaiknya jangan letakkan barang-barang berat, seperti peralatan kantor, printer, dll

5. Kursi komputer beroda

Seperti namanya, model meja komputer ini tentunya memiliki roda pada bagian kaki-kakinya. Roda ini dirancang khusus agar mudah digerakan atau dipindahkan. Secara umum, ada dua jenis meja komputer beroda.

Pertama adalah model meja komputer dengan desain klasik dengan empat roda di kiri dan kanan. Yang kedua adalah model tabletop yang penyangganya hanya pada satu sisi saja, namun pada bagian bawahnya masih terdapat empat buah roda sehingga bentuknya menyerupai huruf C.

Model kedua ini didesain khusus untuk digunakan di atas tempat tidur. Oleh karena itu, ketika ingin menggunakannya, kamu harus meletakkan penjepit meja di bawah tempat tidur dan meja komputer akan berada di depan kamu.

Itulah beberapa ulasan terkait dengan tips memilih meja dan kursi komputer yang nyaman sesuai dengan kebutuhan. selain itu, kamu juga bisa memilih desain meja komputer yang cocok sesuai dengan kondisi ruangan di rumah kamu.