Bagikan:

YOGYAKARTA – Aktivitas menabung tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa yang memiliki penghasilan tetap, tapi juga pelajar yang masih mendapatkan uang saku dari orang tua. Bagi seorang pelajar, menjadi kepuasan tersendiri bila berhasil membeli segala kebutuhannya dari hasil tabungan sendiri. Lantas, apa yang harus dilakukan agar dapat mengumpulkan banyak uang? Simak tips menabung untuk pelajar berikut ini.

Tips Menabung untuk Pelajar

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Minggu, 15 Januari 2023, berikut tips menabung yang bisa diaplikasikan oleh pelajar supaya dapat mengumpulkan banyak uang:

  1. Tentukan Tujuan Menabung

Perlu dipahami, kebutuhan pelajar berbeda dengan orang dewasa. Bagi orang dewasa, dana tabungan bisa digunakan untuk keperluan di masa depan. Misalnya, membeli motor, mobil, menikah, dana pendidikan anak dan lain sebagainya.

Sementara bagi pelajar, dana tabungan mungkin digunakan untuk membeli barang yang tidak dapat dibelikan orang tua, seperti laptop, smartphone ataupun dimanfaatkan untuk menonton konser bersama teman-temannya.

Oleh sebab itu, buatlah tujuan menabung sebelum mulai menyisihkan uang saku yang diberikan orang tua untuk disimpan. Dengan membuat tujuan menabung, Anda akan semakin termotivasi dan lebih giat dalam menabung.

  1. Tentukan Prioritas

Apabila Anda memiliki banyak daftar keinginan yang ingin diwujudkan, Anda mungkin beranggapan butuh waktu lama untuk mewujudkannya dengan dana tabungan.

Terkait hal ini, Anda tidak perlu khawatir. Semua keinginan Anda bisa tercapai asalkan dapat menentukan prioritas.  

Lihat kembali tujuan-tujuan yang ingin Anda capai. Pilih salah satu atau dua goals yang benar-benar penting dan ingin dicapai dalam waktu dua bulan kedepan.

Dengan menentukan prioritas, Anda dapat menentukan jumlah uang saku yang harus disisihkan.  

Misalnya, Anda ingin membeli buku seharga Rp300 ribu, maka target menabung per bulan adalah seratus lima puluh ribu. Apabila dibagi 30 hari, Anda perlu menyisihkan yang Rp5 ribu per hari.

  1. Sisihkan Uang Saku di Awal
Ilustrasi menabung
Ilustrasi menabug (Pixabay)

Bagi pelajar, menyisihkan uang jajan setiap hari bukanlah perkara mudah. Pasalnya, bakal ada hal-hal di sekolah yang bisa membuat Anda lupa untuk menabung. Seperti membeli jajanan demi mengikuti teman-teman di sekolah, atau saat perlu membayar patungan untuk keperluan kelas. Oleh sebab itu, belajarlah memprediksi pengeluaran harian. Sehingga faktor tidak terduga bisa diatasi dengan baik.

Misalnya, seperti uang kas yang sudah ada jadwalnya sendiri. Catat pengeluaran-pengeluaran yang berkaitan dengan sekolah di buku tulis. Usahakan untuk membayarnya tepat waktu agar tidak menganggu kebiasaan Anda dalam menabung.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menyisihkan uang saku sebelum menggunakannya untuk kebutuhan di sekolah. Dengan menyisihkan uang saku di awal, Anda bisa leluasa dalam memakai uang yang tersisa.

  1. Bikin Tabel Tabungan Harian

Supaya Anda lebih disiplin dalam menabung, Anda bisa menggunakan tabel tabungan harian. Tips menabung untuk pelajar ini sangat efektif, sebab Ada bisa melacak progres tabungan secara tertulis.

Anda tak perlu memaksakan diri dalam menentukan berapa jumlah yang akan ditabung. Cukup sesuaikan dengan kemampuan. Perlahan tapi pasti, dana tabungan akan terkumpul dengan banyak.

Demikian informasi tentang tips menabung untuk pelajar yang mudah dilakukan setiap hari. Semoga bermanfaat!