5 Tips Menabung Harian, Efektif untuk Siapkan Dana Masa Depan
Ilustrasi menabung harian (Foto: pixabay/USA-Reiseblogger)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam artikel kali ini akan dibahas tips menabung harian yang efektif untuk menyiapkan kebutuhan di masa depan, seperti investasi, membeli barang hingga menyimpan dana darurat. Tips sederhana ini bisa membantu Anda menerapkan gaya hidup hemat dan lebih membangun kebiasaan menabung. Lantas, seperti apakah cara menabung harian yang efektif? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Tips Menabung Harian yang Efektif

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips menabung harian yang perlu Anda ketahui.

  1. Mulai dari nominal kecil

Menabung sebaiknya dilakukan dalam jumlah yang kecil tetapi rutin dilakukan. Tidak semua orang bisa menabung dalam jumlah yang besar, oleh sebab itu mulailah dari yang paling kecil. Simpan uang Rp1.000 hingga Rp20.000 setiap harinya, lama-kelamaan uang yang ditabung akan menjadi nominal yang besar jika Anda konsisten dan berkomitmen dalam menabung.

  1. Tabung uang kembalian

Menurut Ric Edelman, Ketua dan CEO Edelman Financial Services, menabung uang kembalian berbentuk recehan dapat digunakan untuk belanja barang dengan nilai yang besar.

Setelah belanja dari supermarket, simpan uang kembalian berbentuk recehan. Dengan begitu, Anda akan dapat menambah uang tabungan dan menghemat pengeluaran.

  1. Mengurangi penarikan uang lewat ATM

Tips yang satu ini bisa membuat Anda menghindari gaya hidup boros. Jangan terlalu sering menarik uang tunai dari ATM, sebab hal tersebut berpotensi membuat Anda gagal dalam urusan tabung-menabung.

  1. Buat sistem manajemen keuangan pribadi

Menurut The Balance Money, menabung harian yang efektif dapat dilakukan dengan membuat sistem manajemen keuangan pribadi. Caranya sebagai berikut:

  • Evaluasi pengeluaran sebelum membuat rencana budget
  • Buat rencana pengeluaran bulanan
  • Ketahui pengeluaran dialokasikan untuk apa saja
  • Utama pengeluaran harian menggunakan uang tunai

Cara di atas memungkinkan Anda membangun sistem manajemen keuangan pribadi sesuai kebutuhan.

  1. Disiplin dalam menabung

Keberhasilan menabung ditentukan oleh kedisiplinan Anda dalam menyisihkan uang. Tanpa adanya kedisiplinan dan niat yang konsisten, maka menabung tidak akan berjalan secara terus-menerus.

Demikian informasi tentang tips menabung harian yang efektif. Uuntuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.