Bagikan:

YOGYAKARTA – Anda harus mempertimbangkan untung rugi pelunasan KPR lebih awal sebelum mengambil keputusan. Pasalnya, kadang pelunasan yang dilakukan lebih cepat tidak selalu membawa dampak baik. Sebaliknya, ada pula yang justru memiliki keuntungan  tertentu dengan melunasi KPR lebih awal.

Artikel ini akan membahas keuntungan dan kerugian yang mungkin akan didapatkan oleh masyarakat yang membeli rumah dengan sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Untung Rugi Pelunasan KPR Lebih Awal

Pelunasan KPR lebih awal sebenarnya bisa dilakukan, baik mendekati masa tenor habis atau bahkan jauh sebelum masa tenor berakhir. Sebagai contoh, Anda membeli rumah di Yogyakarta dengan sistem KPR dengen tenor selama 15 tahun.

Karena suatu hal, Anda memilih untuk melunasi cicilan KPR Anda di tahun ke-7 atau bisa pula melunasi di tahun ke-10. Langkah pelunasan KPR lebih awal adalah boleh dengan izin pemberi kredit atau Bank. Namun kadang ada pula konsekuensi yang harus ditanggung sebagai akibat pelanggaran kesepakatan antara bank dan pembeli rumah KPR.

Namun di beberapa kondisi, pelunasan KPR lebih awal juga memberikan keuntungan tertentu. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan didapatkan.

  1. Beban Hutang Langsung Berkurang

Keuntungan yang paling terasa adalah beban hutang langsung berkurang. Sebagian orang merasa membeli barang dengan cara mencicil adalah sesuatu yang memicu stres berat sehingga setelah cicilan luas mereka akan sangat lega. Terlebih jika KPR yang harus dibayarkan setiap bulan cukup tinggi, maka pengurangan beban hutang akan sangat terasa.

  1. Kesempatan Menabung dan Investasi Lebih Besar

Setelah KPR dilunasi, tagihan per bulan yang harus dibayar akan hilang sehingga uang bisa dialihkan ke keperluan lain seperti ke tabungan atau dilarikan ke investasi lain. Langkah ini akan membawa keuntungan bagi Anda yang melunasi KPR lebih awal.

  1. Bisa Menambah Kredit Lagi

Ada orang yang memilih untuk melunasi KPR agar bisa mengajukan kredit lain. Tujuan pengajuan kredit ini bisa beragam misalnya untuk modal usaha tambahan atau membeli properti lagi. Biasanya pengajuan kredit lain setelah KPR lunas atau pengajuan pembelian properti lagi setelah KPR lunas akan sangat menguntungkan.

  1. Mengamankan Keuangan

Sebagian orang memilih untuk segera melunasi KPR lebih awal dengan tujuan mengamankan keuangan. Langkah ini biasanya diambil oleh pengusaha atau orang-orang yang memiliki pendapatan bulanan tidak tetap. Saat KPR lunas, keuangan bulanan di masa depan akan lebih aman dan tenang.

  1. Menghindari Dampak Turunnya Ekonomi

Ekonomi dunia yang anjlok mampu berpengaruh pada banyak hal, termasuk potensi seseorang kehilangan pekerjaan. Melunasi KPR lebih awal dapat meminimalisir kemungkinan buruk akibat turunnya perputaran ekonomi global.

Selain keuntungan, ada pula kerugian yang akan ditanggung seseorang saat melunasi KPR lebih awal yakni sebagai berikut.

  1. Penalti Berupa Denda

Pihak perbankan akan memberlakukan penalti berupa denda saat memilih melunasi KPR lebih awal atau sebelum masa tenor berakhir. Denda yang harus dibayarkan ini jumlahnya juga cukup besar, kurang lebih 1 hingga 3 persen dari pelunasan yang dilakukan. Denda ini cukup berat bagi sebagian masyarakat karena angkanya cukup besar.

  1. Menghabiskan Tabungan

Pelunasan KPR lebih awal biasanya dilakukan dengan menguras tabungan yang bertahun-tahun dikumpulkan. Saat tabungan habis, otomatis Anda tidak memiliki uang simpanan yang mungkin akan berguna jika terjadi hal di luar bayangan.

  1. Potensi Terjebang Hutang Lain

Ada pula yang melunasi KPR dengan cara mengajukan hutang. Langkah tersebut memang bisa dilakukan namun berpotensi menjadi jebatan keuangan di masa depan.

Itulah beberpa untung rugi pelunasan KPR lebih awal. Kunjungi VOI.ID untuk informasi menarik lainnya.