Pelajari Fitur Double Tap Pada Seri Apple Watch Terbaru yang Dibanggakan Apple
Seri Apple Watch 9 (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple akhirnya merilis Seri Apple Watch 9 dan Apple Watch Ultra 2 yang dijanjikan sebagai Apple Watch dengan chip paling canggih yang dimiliki Apple.

Dengan dua seri Apple Watch terbaru ini, ada fitur di mana pengguna bisa mengoperasikan tanpa menyentuh layar. Fitur ini disebut dengan Double Tap.

Melalui seri terbaru ini, Apple menambahkan fitur gestur untuk mengontrol Apple Watch dengan hanya mengetuk ibu jari dan jari telunjuk sebanyak dua kali secara bersamaan.

Gestur jari ini mampu menjawab panggilan, membuka notifikasi, memutar dan memberikan jeda saat menyalakan musik, dan berbagai kelebihan lainnya.

Dikutip dari Engadget, COO Apple Jeff Williams meyakini bahwa fitur ini sangat berguna saat penggunanya sedang kesulitan menggunakan kedua tangan. Fitur ini pun diyakini bekerja dengan cepat karena menggunakan Neural Engine S9 SiP yang lebih cepat.

Menurut penjelasan resmi dari Apple, Neural Engine memiliki algoritma yang dapat mendeteksi gerakan kecil pada pergelangan tangan dan perubahan aliran darah saat jari telunjuk dan ibu jari diketukkan dua kali.

Oleh karena itu, Double Tap dianggap sebagai fitur yang memuaskan dan memudahkan sejauh ini, khususnya dalam seri Apple Watch Ultra 2. Double Tap juga terbilang praktis dalam penggunaannya menurut review dari engadget.

“Meskipun Seri 9 dan Watch Ultra 2 mungkin tidak terlihat seperti peningkatan besar-besaran pada pandangan pertama, saya merasa bahwa fitur-fitur yang diaktifkan oleh S9 SiP, seperti Siri di perangkat dan Double Tap akan membuat perubahan yang berarti dalam jangka panjang,” kata Cherlynn Low, Wakil Editor endgadget.

Meski peluncuran Apple Watch seri terbaru ini memiliki reaksi positif, perlu penggunaan dengan waktu yang lebih lama untuk memastikan kekurangan dan kelebihan dari fitur Double Tap.