Apple Watch Series 9 Makin Efisien dengan Fitur Double Tap dan Siri
Apple Watch Series 9 yang kembangkan fitur Double Tap dan Siri (foto: dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple Watch Series 9 menjadi salah satu produk keluaran Apple terbaik karena fitur yang mereka banggakan di Event Apple 2023 lalu, yakni fitur asisten kontrol suara dan handsfree gesture melalui Double Tap.

Apple juga memperkenalkan metode ketuk dua kali dan berbicara dengan Siri, asisten virtual yang Apple kembangkan. Dikutip dari Engadget, Perangkat yang mendukung Siri ini bisa membantu Anda meminta data kesehatan dengan catatan statistik harian.

Seluruh fitur luar biasa ini bisa diakses karena system-in-package (SiP) yang disisipkan di Apple Watch Series 9. Namun, sebenarnya fitur Double Tap tidak benar-benar berguna ketika tangan Anda penuh dengan banyak barang.

Saat tangan Anda sedang membawa banyak barang, mengeluarkan ibu jari dan jari telunjuk mungkin tetap membutuhkan effort. Akan tetapi, fitur ini sangat berguna saat Anda sedang membersihkan apartemen, membaca buku, mengangkat barbel atau benda lainnya dengan satu tangan.

Sayangnya, fitur ketuk dua jari di udara ini perlu beberapa upaya. Anda perlu tahu kecepatan yang tepat agar fiturnya bisa beroperasi. Anda tidak bisa mengetukkan jari terlalu cepat atau terlalu halus.

Fitur Double Tap dan Assistive Touch tentu sangat berbeda karena Double Tap mengandalkan kombinasi data akselerometor, gyroscope, dan monitor denyut jantung optik untuk mendeteksi adanya gerakan dan perubahan aliran darah saat kedua jari diketukan.

Double Tap bisa digunakan untuk banyak hal seperti memulai atau menghentikan timer, snooze alarm, menyalakan musik, atau bahkan menanggapi pesan. Ketika Anda menggunakan Double Tap untuk menjawab pesan, opsi ketik suara akan dimunculkan sehingga Anda bisa mendiktekan respon Anda.

Sementara itu, fitur Siri bisa memberikan Anda kenyamanan yang luar biasa. Fitur ini mengurangi penggunaan layar secara langsung dan memiliki respon yang sangat cepat. Bahkan kecepatannya mengalahkan fitur Siri di Apple Watch Series 8.

Peningkatan sederhana lainnya yang terasa luar biasa adalah sistem on-device. Anda tetap bisa menggunakan bantuan Siri saat offline atau saat tidak terhubung dengan iPhone. Bahkan, fitur Siri ini merespon begitu baik karena fitur Raise to Speak yang dikembangkan dengan sempurna.

Anda bisa mengatakan Hey Siri dan Siri akan merespon sebelum tangan terangkat. Hal ini mampu terjadi karena daya S9 SiP dan mikrofon yang selalu aktif untuk menangkap buffer audio berdurasi 2 detik.