Bagikan:

JAKARTA - Microsoft mengatakan akan segera menghentikan WordPad, aplikasi itu telah mencapai akhir masa pakainya di Sistem Operasi (OS) Windows.

"WordPad tidak lagi diperbarui dan akan dihapus pada rilis Windows mendatang," ujar Microsoft dalam postingan blog resminya.

Aplikasi pengeditan teks dasar itu telah diinstal secara otomatis pada sistem Windows sejak 1995, meskipun kemudian diberi label sebagai fitur opsional sejak 2020.

Pengguna dapat menghapusnya, jika mereka ingin. Program ini menawarkan mereka pengolah kata dasar dan editor dokumen.

Microsoft juga menyarankan agar pengguna memanfaatkan dua produk perusahaan lainnya. Meliputi Microsoft Word dan Windows NotePad, yang dapat melakukan apa yang dibutuhkan sebagian besar pengguna dari WordPad.

"Kami merekomendasikan Microsoft Word untuk dokumen teks kaya seperti .doc dan .rtf dan Windows Notepad untuk dokumen teks biasa seperti .txt," kata Microsoft.

Namun, perusahaan belum mengungkapkan batas waktu yang pasti untuk proses penghentian aplikasi tersebut. Microsoft sepertinya sedang rajin untuk membersihkan aplikasi atau fitur yang jarang digunakan penggunanya.

Beberapa hari yang lalu, Microsoft membuat pengumuman mereka akan mematikan Visual Studio untuk Mac, seperti dikutip dari XDA Developers, Senin, 4 September.