Hashdex Ajukan Aplikasi ETF Bitcoin Berjangka dengan Aset Bitcoin Spot ke SEC AS
Hashdex, memasuki kompetisi untuk mendapatkan tempat dalam exchange-traded fund (ETF) Bitcoin di Amerika Serikat. (foto: hashdex.com)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan manajemen aset kripto, Hashdex, telah memasuki kompetisi untuk mendapatkan tempat dalam exchange-traded fund (ETF) Bitcoin di Amerika Serikat. Perusahaan tersebut telah mengajukan aplikasi kepada U.S. Securities and Exchange Commission (SEC) untuk ETF berjangka Bitcoin yang akan memegang aset Bitcoin spot.

ETF adalah dana investasi yang diperdagangkan di bursa saham, dengan nilai mereka berasal dari kumpulan aset yang mendasarinya seperti saham, obligasi, komoditas, dan instrumen keuangan lainnya. Begitu pula, ETF Bitcoin melacak nilai BTC dan diperdagangkan di bursa saham tradisional daripada bursa kripto.

Pendekatan Hashdex berbeda dari pengajuan terbaru karena tidak bergantung pada perjanjian berbagi pengawasan Coinbase, melainkan memperoleh aset Bitcoin spot dari bursa fisik di pasar CME. Menurut pengajuan 19b-4 oleh NYSE Arca kepada SEC AS, Hashdex bermaksud untuk menyertakan aset Bitcoin spot dalam ETF berjangka Bitcoin-nya dan mengubah namanya, mengubah ticker-nya menjadi Hashdex Bitcoin ETF.

Beberapa ahli telah merespons pengajuan unik ETF Bitcoin dari Hashdex. James Seyffart, analis di Bloomberg, mengamati bahwa strategi ini melibatkan eksklusifnya melakukan transaksi posisi terkait pertukaran. Ini melibatkan penukaran kontrak berjangka dengan paparan spot setara alih-alih pembelian tunai langsung dari bursa.

Seyffart memperkirakan kemungkinan persetujuan SEC yang lebih tinggi, mengingat tekanan pada Gary Gensler yang berasal dari gugatan Grayscale, pengajuan berjangka Ethereum, dan penggabungan perjanjian berbagi pengawasan Coinbase oleh BlackRock.

Spesialis lain, termasuk Nate Geraci, presiden The ETF Store, investor Alistair Milne, dan pengacara keuangan Scott Johnsson, telah merespons pengajuan ETF Bitcoin yang khas dari Hashdex. Mereka percaya bahwa ini dapat mengurangi kekhawatiran tertentu SEC mengenai manipulasi pasar Bitcoin dan likuiditas.

SEC dan Ketuanya, Gary Gensler, belum memberikan komentar mengenai aplikasi ETF Bitcoin spot, lonjakan ETF Ethereum, dan persetujuan potensial ETF Bitcoin spot dalam tahun ini.