Google Tambahkan Lapisan Perlindungan untuk Pengguna Gmail
Google memperluas perlindungan yang lebih kuat pada tindakan sensitif untuk Gmail, (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google memperluas perlindungan yang lebih kuat pada tindakan sensitif untuk Gmail, menghalau peretas yang akan mengekstrak data pengguna.

Perlindungan itu muncul ketika pengguna mencoba mengedit serta mengimpor filter di Gmail atau menyiapkan alamat penerusan email dan mengaktifkan status akses IMAP dari pengaturan. (Admin ruang kerja bisa mengontrol apakah pengaturan ini terlihat oleh pengguna akhir atau tidak)

Kemudian, Google akan memverifikasi apakah benar pengguna yang mencoba mengedit setelan Gmail. Saat tindakan ini diambil, Google bakal mengevaluasi sesi yang mencoba melakukan tindakan tersebut.

Namun, jika dianggap berisiko, sesi ini akan ditantang dengan perintah “Verifikasi ini memang Anda”. Melalui faktor kedua dan tepercaya, seperti kode verifikasi 2 langkah, pengguna dapat mengonfirmasi validitas tindakan.

Saat tantangan verifikasi gagal atau tidak diselesaikan, pengguna akan menerima notifikasi peringatan keamanan penting di perangkat tepercaya.

Penantang “Verifikasi ini memang Anda” akan tersedia untuk semua pengguna akun Gmail gratis, termasuk Workspace, seperti dikutip dalam pengumumannya, Jumat, 25 Agustus.

Perlu dicatat, fitur ini hanya mendukung pengguna yang menggunakan Google sebagai penyedia identitas dan tindakan yang diambil dalam produk perusahaan tersebut.