Meta bakal Matikan Layanan Messenger Lite Mulai 18 September
Meta akan hapus aplikasi Messenger Lite (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Meta mengonfirmasi akan menutup layanan Messenger Lite, versi ringan dari Messenger. Aplikasi akan dihapus dari Google Play Store untuk pengguna baru dan tidak akan lagi tersedia setelah 18 September untuk pengguna saat ini.

"Mulai 21 Agustus, orang yang menggunakan aplikasi Messenger Lite untuk Android akan diarahkan ke Messenger atau Facebook Lite untuk mengirim dan menerima pesan di Messenger,” kata seorang juru bicara Meta kepada TechCrunch.

Messenger Lite untuk Android pertama kali dikenalkan pada tahun 2016. Peluncuran ini dimaksudkan untuk pengguna dengan perangkat Android yang tidak memiliki banyak ruang. 

Memiliki sedikit perbedaan dari aplikasi Messenger utama, aplikasi lite ini hanya menawarkan fitur inti dari Messenger untuk mengurangi penggunaan ruang penyimpanan dan daya pemrosesan.

Saat itu, Meta juga meluncurkan aplikasi Messenger Lite untuk pengguna iOS. Namun, perusahaan milik Mark Zuckerberg itu telah menghapusnya pada tahun 2020.

Menurut data perusahaan analisis seluler.ai, versi Lite dari aplikasi tersebut telah diunduh oleh sekitar 760 juta orang secara global, dengan India menyumbang bagian terbesar tunggal, diikuti oleh Brasil dan Indonesia.

Baru-baru ini, Meta juga Meta memperluas pengujian fitur keamanan barunya enkripsi end-to-end (E2EE), yang diklaim bakal diluncurkan untuk semua pengguna Messenger akhir tahun ini.

Di sisi lain, Meta juga telah mengumumkan di halaman dukungannya, bahwa Messenger tidak akan dapat lagi digunakan untuk menerima pesan SMS yang dikirim oleh jaringan seluler, mulai 28 September.