Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp mencoba menyalip Twitter Space dengan menghadirkan fitur Obrolan Suara untuk peserta grup dan menghilangkan keterbatasan dalam panggilan suara di aplikasi.

Dilaporkan pertama kali oleh WABetaInfo, dikutip Selasa, 8 Agustus, peserta grup dapat mengirim pesan suara satu per satu kapan pun mereka inginkan.

Berbeda dari panggilan telepon, memulai Obrolan Suara tidak akan menyembunyikan telepon dan semua pengguna mendapatkan pemberitahuan push senyap saat obrolan dibuat di grup mereka, sebagai lawan dari nada dering panggilan masuk penuh yang terlihat untuk panggilan grup.

Ikon di grup juga akan menampilkan thumbnail kecil yang mewakili obrolan suara di dalam daftar obrolan. WABetaInfo mengatakan, Obrolan Suara tersedia untuk grup dengan 32 peserta atau lebih, konfigurasi ini dapat bervariasi tergantung pada pengguna.

Selanjutnya, setelah Obrolan Suara berlangsung, fitur akan dienkripsi ujung-ke-ujung seperti semua layanan yang hadir di WhatsApp.

Jika Obrolan Suara tetap kosong atau tidak ada yang bergabung, maka fitur akan otomatis berakhir setelah 60 menit, tetapi peserta dapat memulai kembali bila diperlukan.

Perlu dicatat, Obrolan Suara di WhatsApp ini hanya dapat diakses oleh grup tertentu. Saat ini, fitur baru tersedia untuk beberapa penguji beta yang menjalankan WhatsApp beta Android 2.23.16.19 dan diklaim akan segera diluncurkan ke lebih banyak pengguna dalam beberapa hari mendatang.