OpenSea Luncurkan "Deals" untuk Perdagangan NFT yang Mudah dan Aman
Marketplace NFT Opensea rilis Deals. (Foto; Dok. Moonstats)

Bagikan:

JAKARTA - Komunitas perdagangan NFT di platform OpenSea dapat merayakan hadirnya fitur baru yang revolusioner, "Deals". Dengan fitur perdagangan terbaru ini, para pengguna OpenSea kini dapat dengan mudah melakukan perdagangan peer-to-peer (P2P) untuk karya seni digital favorit mereka.

Deals membawa inovasi yang signifikan, memungkinkan para pelaku pasar NFT untuk menawarkan karya seni digital dan mendapatkan kesepakatan menarik dengan menggunakan Wrapped Ether (WETH). Fitur ini dipastikan menyediakan platform yang lebih aman dan efisien bagi para komunitas perdagangan NFT.

Fitur OpenSea Deals didukung oleh protokol Seaport, yang diperkenalkan pada awal tahun sebelumnya. Seaport adalah proyek pasar web3 yang didukung oleh OpenSea, memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian dan penjualan NFT dengan aman dan efisien. Protokol ini menggunakan kontrak pintar open-source yang mencakup berbagai jenis aset digital, termasuk ETH, ERC20, ERC721, dan ERC1155.

Dengan fitur Make a Deal OpenSea, para pengguna dapat menawarkan satu atau lebih NFT milik mereka sebagai bagian dari kesepakatan dengan NFT dari pengguna lain. Namun, untuk melibatkan diri dalam perdagangan ini, pengguna harus memiliki alamat dompet dan nama ENS atau nama pengguna OpenSea dari pihak yang ingin mereka ajak berdagang.

"Melalui fitur OpenSea Deals, para pengguna yang menerima tawaran kesepakatan akan membayar biaya transaksi (gas). Transaksi ini tidak akan dikenakan biaya tambahan dari OpenSea atau menghasilkan penghasilan untuk pencipta NFT. NFT ERC-721 dari koleksi lencana yang terlihat di profil pengguna (tidak disembunyikan) juga memenuhi syarat untuk fitur Deals," jelas pernyataan OpenSea.

Fitur anyar ini mendapatkan sambutan hangat dari komunitas perdagangan NFT, platform OpenSea juga harus menghadapi beberapa kritik. Beberapa pengguna menyuarakan kebutuhan untuk lebih fokus pada stabilitas nilai dalam pasar kripto yang sedang berada dalam fase penurunan, dibandingkan hanya fokus pada inovasi semata.

Komunitas NFT juga mengajukan saran supaya OpenSea mempertimbangkan penerbitan token kripto sebagai bentuk penghargaan bagi komunitas, sebagai alternatif untuk hanya mengumumkan fitur-fitur perdagangan baru. Hal ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak transaksi dan partisipasi aktif dalam perdagangan NFT.

Sebagai platform terkemuka dalam pasar NFT, OpenSea telah mengalami pertumbuhan pesat dan berhasil mengumpulkan pendapatan sekitar 600 juta dolar AS (setara Rp9 triliun) pada tahun 2022, meskipun tantangan pasar kripto beruang. Dengan persaingan yang semakin ketat, inovasi seperti fitur "Deals" menjadi langkah penting untuk mempertahankan posisi unggul di dalam industri seni digital NFT.

Terkait