Paket Dasar Bebas Iklan Netflix Rp149 Ribuan per Bulan, Sekarang Tak Lagi Tersedia di Wilayah Ini!
Netflix mulai menghapus paket dasar bebas iklan di Amerika Serikat (AS) dan Inggris (foto: dok. Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Netflix mulai menghapus paket dasar bebas iklan di Amerika Serikat (AS) dan Inggris, setelah mengambil langkah serupa di Kanada beberapa waktu lalu.

Terlihat pada laman informasi harga berlangganannya, paket dasar bebas iklan yang dibanderol 9,99 dolar AS, tidak lagi tersedia untuk anggota baru atau yang bergabung kembali.

Tetapi, pelanggan yang sudah berlangganan saat ini tidak akan terpengaruh kecuali mereka memilih untuk mengubah atau membatalkan paket.

Sekarang, sebagai opsi termurah, Netflix hanya menyisakan opsi Standar dengan iklan yang dibanderol 6,99 dolar AS per bulan.

"Pada Kuartal 1 (Q1), kami menurunkan harga di sejumlah pasar yang kurang ditembus, dan pada Kuartal 2, kami menghentikan secara bertahap paket bebas iklan Dasar untuk anggota baru dan yang bergabung kembali di Kanada (anggota yang sudah ada di Paket dasar bebas iklan tidak terpengaruh)," ujar Netflix pada laporan pendapatannya kemarin.

"Kami sekarang melakukan hal yang sama di AS dan Inggris. Kami yakin harga masuk kami di negara-negara ini yaitu 6,99 dolar AS, 4,99 pound sterling di Inggris, dan 5,99 dolar AS di Kanada – memberikan nilai terbaik bagi konsumen mengingat luasnya dan kualitas katalog kami," tambahnya.

Langkah Netflix ini diklaim merupakan upaya untuk mendapatkan lebih banyak pendaftaran pada opsi didukung iklan yang baru diluncurkan, seperti dikutip dari CNBC Internasional dan The Verge, Kamis, 20 Juli.

Bahkan, Chief Financial Officer Netflix Spencer Neumann mengatakan ekonomi dari paket yang didukung iklan lebih tinggi daripada paket dasar.

"Ini sebenarnya bahkan lebih tinggi dari rencana standar kami. Iklan menambah pendapatan dan keuntungannya," ungkap Neumann.

Selain mengumumkan untuk menghentikan paket dasar bebas iklan, Netflix juga sukses mendapatkan 6 juta pelanggan berbayar sebagai hasil tindakan memblokir pengguna berbagai kata sandi.

Penambahan pelanggan berbayar itu berhasil dicapai Netflix selama tiga bulan yang berakhir di Juni ini, sehingga totalnya menjadi lebih dari 238 juta secara global.