Pengguna TikTok di iOS Sekarang Bisa Masuk ke Akun dengan Kunci Sandi
TikTok meluncurkan cara baru yang lebih aman saat pengguna masuk ke akun mereka dengan fitur kunci sandi atau passkey di iOS. (foto: dok. tiktok)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok meluncurkan cara baru yang lebih aman saat pengguna masuk ke akun mereka dengan fitur kunci sandi atau passkey di iOS.

Kunci sandi adalah pengganti kata sandi yang dapat mengonfirmasi identitas pengguna berdasarkan metode autentikasi biometrik terenkripsi yang sudah tersedia di perangkat, seperti fitur Apple, Face atau TouchID.

Ketika pengguna menggunakan kunci sandi, semua data autentikasi biometrik tetap ada di perangkat dan tidak akan diakses atau diproses oleh aplikasi pihak ketiga, seperti TikTok.

Sekarang, pengguna juga memiliki opsi untuk menggunakan kunci sandi alih-alih kata sandi untuk masuk ke akun TikTok langsung dari akun iCloud di seluruh perangkat.

Kunci sandi menyederhanakan proses login dan mempersulit akun untuk disusupi karena tidak ada lagi kata sandi tradisional yang dapat dicuri, dilupakan, atau digunakan kembali di banyak akun.

Sebagian besar, kunci sandi tahan phishing yang melindungi dari jenis kejahatan nomor satu, menurut Laporan Kejahatan Internet 2022 yang dibuat oleh Pusat Pengaduan Kejahatan Internet (IC3) FBI.

Sebagai bagian dari peluncuran kunci sandi ini, TikTok juga mengumumkan keanggotaan di FIDO Alliance, sebuah organisasi industri terbuka yang memiliki misi untuk mengembangkan standar autentikasi, membantu mengurangi ketergantungan pada kata sandi tradisional.

“Kata sandi adalah penghalang keamanan dan pengalaman pengguna yang sudah lama melewati tanggal kedaluwarsanya – itulah sebabnya Aliansi FIDO telah menciptakan standar terbuka untuk autentikasi tanpa kata sandi yang digunakan oleh penyedia layanan terkemuka," ujar Direktur Eksekutif Aliansi FIDO, Andrew Shikiar dalam sebuah pernyataan, dikutip Selasa, 18 Juli.

"Hal ini untuk memungkinkan konsumen memiliki akses yang lebih mudah ke layanan online terkemuka seperti TikTok," tambahnya.

Namun, kunci sandi untuk iOS baru tersedia di wilayah tertentu, termasuk Asia, Afrika, Australia, dan Amerika Selatan mulai bulan ini, serta akan diperluas ke negara lainnya dari waktu ke waktu.