Bagikan:

YOGYAKARTA – Masyarakat tengah gandrung dengan media sosial baru besutan besutan Instagram, Threads. Aplikasi itu disebut jadi salah satu kompetitor Twitter. Di balik kehebohannya, masyarakat harus tahu bahwa ada data pribadi yang bisa diakses Threads. Di sisi lain masyarakat masih sering abai terhadap akses data pribadi yang seharusnya tak diberikan dengan mudah.

Data Pribadi yang Bisa Diakses Threads

Permintaan akses kepada data privasi pengguna tentu jadi hal yang patut diperhatikan. Pengguna harus tahu data apa saja yang akan diambil oleh aplikasi tersebut agar tidak disalahgunakan dalam kejahatan siber.

Melihat Privacy Policy yang dimiliki oleh Threads, beberapa data yang aksesnya diminta oleh aplikasi dari satu akun. Merujuk pada situs resmi Threads, data pribadi yang diambil adalah sebagai berikut.

  1. Profil atau Data Kontak

Dalam situs Threads, beberapa data yang diminta seperti nama depan dan belakang, email, pengidentifikasi unik seperti nama akun dan kata sandi, foto profil, bio, hingga lokasi.

  1. Data Pembayaran

Contoh data yang diambil adalah jenis kartu pembayaran, alamat penagihan, dan email.

  1. Data Perangkat/IP

Dalam bagan ini, Threads mencontohkan beberapa data yang dikumpulkan yakni alamat IP, ID perangkat, jenis perangkat/sistem operasi/browser yang dipakai untuk mengakses Thread.

  1. Analisis Web

Threads akan mengambil beberapa data yakni interaksi halaman web (termasuk dengan iklan), halaman/sumber referensi yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses Threads, ID permintaan yang tidak dapat diidentifikasi, statistik yang terkait dengan interaksi antara perangkat atau browser dan layanan.

  1. Data Profesional atau Terkait Ketenagakerjaan

Data yang berkaitan dengan pekerjaan pengguna juga tak luput dikumpulkan. Adapun data yang diambil adalah perusahaan, posisi atau jabatan pengguna, riwayat pekerjaan, hingga evaluasi kinerja.

  1. Data Geolokasi

Terkait data ini, Threads akan mengambil iInformasi lokasi berbasis alamat IP.

  1. Foto, Video, dan Rekaman

Seperti media sosial lainnya, Threads juga meminta akses kepada foto, video, dan rekaman yang ada di lingkungan pengguna.

Itulah informasi terkait data pribadi yang bisa diakses Threads. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.