Siap Meluncur! Begini Cara Kerja Threads, Medsos Baru dari Meta
Tampilan aplikasi Threads. (Dok. App Store)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Twitter menghebohkan pengguna dengan kebijakan baru dari CEO Elon Musk yang membatasi jumlah tweet yang dapat dibaca per harinya. Namun, di tengah keributan tersebut, perusahaan induk Facebook, Meta, secara diam-diam merilis aplikasi terbaru mereka yang bernama Threads. Aplikasi ini dikembangkan di bawah naungan Instagram dan dianggap sebagai pesaing Twitter.

Menurut data dari App Store di Amerika Serikat (AS), Threads akan resmi dirilis dan dapat diunduh pada tanggal 6 Juli. Perusahaan juga menampilkan hitung mundur dalam situs web resminya untuk tanggal yang sama di platform Android.

Bagaimana cara kerja Threads?

Sebelum menggunakan aplikasi ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Dilansir dari 9to5google, berikut adalah cara kerja Threads dan bagaimana aplikasi ini terhubung dengan Instagram.

Secara umum, Anda tidak diharuskan mengikuti semua akun yang Anda ikuti di Instagram. Namun, aplikasi Threads akan memungkinkan Anda secara otomatis mengikuti orang-orang di Threads yang juga Anda ikuti di Instagram.

Pengguna juga dapat membuat profil Threads mereka menjadi pribadi, sehingga tidak semua orang yang mengikuti atau diikuti di Instagram dapat mengakses profil Threads Anda, kecuali Anda memberikan izin.

Perlu dicatat bahwa profil Threads terhubung dengan profil Instagram pengguna. Kedua akun tersebut akan menggunakan nama pengguna dan nama tampilan yang sama seperti yang ada di Instagram. Anda juga dapat mengikuti, berhenti mengikuti, atau bahkan memblokir berbagai akun di Threads.

Yang menarik, aplikasi ini juga dapat terhubung dengan jejaring sosial federasi seperti Mastodon. Untuk informasi lebih lanjut tentang aplikasi ini, Anda dapat melihatnya saat aplikasi resmi diluncurkan dalam beberapa hari mendatang.