Mengenal Aplikasi Threads dan Gambaran Fiturnya
Ilustrasi aplikasi Threads (Meta)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Meski telah diluncurkan, belum banyak orang mengenal aplikasi Threads. Media sosial yang berbasis teks itu diluncurkan oleh Meta. Aplikasi tersebut jadi pilihan bagi para pengguna untuk melakukan percakapan.

Threads sendiri diluncurkan pada 6 Juli di 100 negara, termasuk Indonesia. Aplikasi tersebut disebut sebagai pesaing Twitter.

Mengenal Aplikasi Threads

Nama Threads sendiri jika diartikan secara harfiah berarti utas. Sedangkan Mark Zuckerberg menggambarkan aplikasi barunya sebagai wadah bagi komunitas untuk berkumpul dan mendiskusikan berbagai hal, seperti topik yang diminati hingga topik yang sedang trending. Sama halnya Twitter, Threads juga memberikan pengalaman microblogging.

Secara umum Threads Instagram adalah aplikasi media sosial yang diluncurkan oleh Meta, perusahaan induk Facebook dan Instagram, yang melayani percakapan basis teks. Threads dikembangkan oleh Instagram sehingga keduanya saling terhubung. Saat seseorang ingin menggunakan Threads, maka wajib memiliki dan login akun Instagram. Selain itu pengimporan profil dari Instagram ke Threads juga sangat bisa dilakukam.

Cara kerja Threads mirip dengan Twitter, pengguna cukup membagikan teks ke pengikut. Namun patut diketahui bahwa teks yang dibagikan memiliki batasan maksimal 500 karakter. Batasan tersebut hampir 50 persen lebih banyak dibanding jumlah karakter Twitter yang dibatasi 280 karakter saja.

Fitur Threads pun menyerupai Twitter, sehingga para pengguna media sosial berlogo burung biru itu tidak begitu kesulitan memanfaatkan berbagai fitur yang ada. Beberapa fitur Thread adalah sebagai berikut.

  1. Mengunggah postingan

Threads memang diciptakan untuk memberi pengalaman microbloging. Namun, pemakai medsos tersebut dapat menyertakan konten lain seperti tautan, foto, bahkan video.

Seperti Twitter, Threads juga menyediakan fitur “Auto Status” yang memungkinkan para penggunanya mengirim status didasarkan pada lokasi atau baterai ponsel yang digunakan.

  1. Pembatasan Interaksi

Pembatasan interaksi juga tersedia di Threads. Aplikasi tersebut dilengkapi dengan pengaturan siapa yang bisa membalas teks Anda. Selain itu juga dapat mengatur siapa yang bisa mention Anda di medsos tersebut. Tak sampai situ, aplikasi ini juga menyediakan fitur blok, unfollow, hingga menyediakan kanal pelaporan profil. Namun patut diingat bahwa saat Anda memblokir seseorang di Threads maka dampaknya adalah pemilik akun yang sama juga akan terblokir di Instagram.

  1. Reaksi Pengguna pada Konten

Mirip dengan twitter, pengguna Threads juga dapat memberikan reaksi pada konten yang dibuat oleh following Anda mulai dari ikon suka, memberi komentar, hingga membagikan ulang konten di Threads sama halnya Twitter. Selain itu pengguna juga juga bisa membagikan Threads lewat Direct Message (DM) di Threads Instagram.

Selain mengenal aplikasi Threads, kunjungi VOI.ID untuk informasi menarik lainnya.