Threads Hadirkan Dukungan Gambar dan Video HDR di Google Pixel
ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

JAKARTA – Threads, aplikasi pendamping Instagram, kini mendukung unggahan gambar Ultra HDR dan video HDR 10-bit. Kedua dukungan ini hanya tersedia di Pixel, perangkat seluler Android buatan Google. 

Rancangan fitur ini pertama kali terlihat pada 4 Maret lalu. Namun, seperti temuan 9to5google, fitur ini hanya ada di Instagram. Sepertinya, karena Threads merupakan bagian dari Instagram, aplikasi ini ikut mendapatkan pembaruan.

Dukungan foto HDR ini ditambahkan diam-diam karena Google tidak menyebutkan adanya perubahan tersebut. Di daftar resmi Play Store, Threads terakhir kali diperbarui pada 8 Maret, tetapi log perubahannnya hanya menyebutkan adanya peningkatan kerja.

Dukungan gambar dan video HDR ini tidak hanya ditambahkan ke sistem pengunggahan. Teknologi pada gambar ini juga ditambahkan ke dalam penayangan konten. Namun, fiturnya hanya bekerja di perangkat Pixel tertentu.

Saat ini, gambar Ultra HDR dan video HDR 10-bit hanya tersedia di seri Pixel 7, seri Pixel 8, dan Pixel Fold. Selain tiga jenis perangkat tersebut, dukungan HDR tidak akan bisa beroperasi karena sistemnya membutuhkan perangkat yang kompatibel.

Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna harus mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu. Buka aplikasi kamera Google, lalu buka Setelan dan klik Setelan Lainnya. Setelah itu, klik Lanjutan, buka Ultra HDR dan pilih aktifkan.

Sementara itu, untuk mengaktifkan fitur HDR di video, buka aplikasi kamera Google dan buka Setelan. Berikutnya, klik HDR 10-bit dan aktifkan fiturnya. Selama perekaman video, pengguna akan dibatasi hingga 30 fps di 1080p dan 4K UHD.