Bagikan:

JAKARTA - Setelah diuji coba di dua negara, Meta Verified akhirnya meluncur di Indonesia. Layanan persis Twitter ini mewajibkan pengguna media sosial milik perusahaan membayar jika ingin profilnya mendapatkan lencana verifikasi atau centang biru.

Melalui akun LinkedIn-nya, Managing Director Meta Indonesia, Pieter Lydian mengumumkan Meta Verified telah tersedia dan bisa dibeli langsung untuk pengguna Instagram atau Facebook Indonesia.

"Dengan senang hati saya sampaikan bahwa Meta Verified kini telah tersedia dan dapat dibeli langsung melalui Instagram atau Facebook di Indonesia," ujar Pieter.

Pengguna yang ingin menggunakan layanan ini, dikatakan Pieter mereka dapat membeli paket langganan bulanan seharga Rp100.000 melalui website dan Rp130.000 melalui aplikasi iOS juga Android.

Selanjutnya, Pieter juga menjelaskan berbagai keuntungan untuk pengguna yang berlangganan Meta Verified. Di mana akun pengguna Instagram dan Facebook akan secara otomatis diverifikasi dengan lencana centang biru.

"Lencana terverifikasi ini mengonfirmasi bahwa Anda adalah Anda yang sebenarnya dan bahwa akun Anda telah diautentikasi dengan ID pemerintah," kata Pieter.

Pengguna juga akan mendapatkan perlindungan ekstra dari akun yang mengaku sebagai mereka. Di mana Meta akan melakukan pemantauan akun secara proaktif untuk peniru yang mungkin menargetkan orang-orang dengan audiens online terus bertambah.

Terakhir, pengguna yang berlangganan Meta Verified juga akan mendapatkan akses langsung ke dukungan pelanggan serta fitur stiker eksklusif, yang bisa digunakan untuk mengekspresikan diri.

Syarat untuk Menggunakan Layanan Meta Verified

1. Berusia minimal 18 tahun.

2. Memiliki profil publik atau pribadi yang terkait dengan nama lengkap Anda, sesuai dengan standar penamaan, dan memiliki foto profil yang menampilkan wajah Anda.

3. Mengaktifkan autentikasi dua faktor yang mungkin diselesaikan setelah pembayaran.

4. Memenuhi persyaratan aktivitas minimal, seperti riwayat postingan sebelumnya.

5. Memiliki Tanda Pengenal terbitan pemerintah yang cocok dengan nama di profil dan foto profil Anda.

6. Memenuhi Ketentuan Penggunaan dan Pedoman Komunitas Meta.

Saat ini, hanya profil individu yang memenuhi syarat untuk langganan Meta Verified, dan hanya mendukung nama asli di profil. Setelah profil diverifikasi, pengguna tidak bisa mengubah nama mereka, nama profil, tanggal lahir, atau foto di profil tanpa melalui proses verifikasi dari Meta lagi.