Bagikan:

JAKARTA - Komisi XI DPR RI telah memilih Hasan Fawzi sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital, dan Aset Kripto merangkap Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2023-2028. 

Penambahan komisioner sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK). Di mana OJK bertugas untuk mengawasi sektor keuangan secara menyeluruh mulai dari perbankan, pasar modal, dana pensiun, asuransi, fintech, transaksi kripto hingga koperasi.

Terkait aktivitas transaksi kripto, telah disepakati adanya pemindahan pengawasan aset keuangan digital termasuk aset kripto dari yang sebelumnya dijalankan oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) ke OJK.  

CEO Tokocrypto, Yudhono Rawis mengapresiasi dan menyambut baik terpilihnya Hasan Fawzi sebagai Dewan Komisioner baru di OJK yang nantinya akan mengawasi sektor kripto.

"Tujuan pengawasan ini adalah untuk memastikan bahwa perkembangan industri tersebut memberikan manfaat yang nyata dan tidak menimbulkan risiko baru bagi perekonomian," kata Yudho dalam pernyataan resminya. 

Melalui UU P2SK, Yudho berharap koordinasi dan penguatan peran kementerian dan lembaga terkait dalam mengatur penyelenggaraan perdagangan aset kripto menjadi lebih baik.

"Dengan adanya komisioner OJK yang baru, kami berharap bahwa investasi aset kripto dapat menjadi lebih inklusif dan mencakup seluruh lapisan masyarakat," tambahnya. 

Di sisi lain, Yudho juga mengungkapkan penghargaan kepada Bappebti atas upaya yang telah dilakukan dalam membangun ekosistem kripto di Indonesia selama ini. 

Dia berharap, pencapaian yang telah diraih industri kripto saat ini, dapat terus dilanjutkan dengan mengedepankan kepentingan seluruh stakeholders, termasuk pelaku industri, dengan memastikan adanya kerangka regulasi yang jelas, inovatif, dan transparan.

"Bappebti telah berkontribusi secara luar biasa dalam membangun industri aset kripto di Indonesia. Kami berharap dapat melanjutkan legacy tersebut dan berkolaborasi dengan OJK untuk mewujudkan visi bersama dalam menciptakan ekosistem yang berkelanjutan," pungkas Yudho.