Bagikan:

JAKARTA - Jeremy Allaire, CEO Circle Financial, menyoroti manfaat potensial dari stablecoin tersebut dalam perdagangan internasional China. Meskipun dia menyadari bahwa stablecoin dan CBDC dapat saling melengkapi, ia percaya bahwa stablecoin menawarkan keuntungan unik dalam memperluas penggunaan yuan di seluruh dunia. Dia menekankan pentingnya stabilitas dan keakraban dengan mata uang fiat yang ditawarkan oleh stablecoin.

"Jika pada akhirnya, pemerintah China ingin melihat RMB digunakan secara lebih bebas dalam perdagangan dan perdagangan di seluruh dunia, mungkin stablecoin adalah jalan untuk melakukannya lebih dari mata uang digital bank sentral," kata Jeremy Allaire kepada SCMP.

Di sisi lain, adopsi stablecoin di China mungkin menghadapi tantangan terkait dengan kebijakan ketat dan pembatasan konvertibilitas yuan yang telah diterapkan oleh pemerintah. Perubahan substansial dalam struktur penyelesaian perdagangan akan diperlukan untuk mencapai konvertibilitas penuh.

Meskipun demikian, upaya lain seperti meningkatkan penggunaan yuan dalam perdagangan dengan negara-negara pengekspor komoditas dapat menjadi alternatif yang lebih mungkin.

Allaire juga mengakui peran bank sentral dalam mengembangkan CBDC dan mengembangkan sistem yang memanfaatkan teknologi blockchain. Dia menyebutkan perbedaan antara inovasi sektor swasta di internet publik dan peran bank sentral dalam mengembangkan CBDC.

"Jika bank sentral akan meningkatkan sistem mereka sendiri untuk beralih dari teknologi lama ke teknologi buku besar terdistribusi yang lebih modern, itu bagus. Ada banyak hal yang berguna dari hal tersebut, tetapi saya melihat hal itu sangat berbeda dengan pekerjaan yang dilakukan oleh sektor swasta untuk berinovasi di internet publik," kata Allaire.

Meskipun China telah menjadi terdepan dalam pengembangan CBDC dengan uji coba dan program percontohan yuan digital, Allaire tetap optimistis tentang perkembangan teknologi Web3 di Hong Kong dan upaya lokal untuk mengatur stablecoin.

Sementara China telah melarang aktivitas terkait kripto di negaranya, seperti perdagangan dan penambangan, Allaire melihat prospek positif dalam perkembangan teknologi Web3 di Hong Kong. Dia juga menghargai upaya moneter lokal untuk mengatur stablecoin.