Biar POCO M3 <i>Gak</i> Jadi Barang 'Gaib', Xiaomi Batalkan Sejumlah Transaksi Mencurigakan
POCO M3 (Xiaomi Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Tingginya hype pada POCO M3 membuat Xiaomi Indonesia harus mengambil langkah yang terbilang cukup berani yaitu dengan membatalkan sejumlah transaksi pembelian POCO M3 bernilai miliaran rupiah di Lazada.

Hal tersebut dilakukan Xiaomi lantaran ditemukan sejumlah transaksi yang teridentifikasi sebagai aktivitas tidak wajar dan bisa mengarah pada tindakan yang merugikan banyak pihak.

Product PR Manager Xiaomi Indonesia, Andi Renreng mengatakan bahwa keputusan ini merupakan bagian dari upaya untuk memerangi pihak yang menjual kembali produk yang didapatkan melalui flash sale dengan harga di atas harga resmi.

Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen POCO unutk memastikan POCO fans bisa menikmati produk smartphone dengan harga resmi, serta membangun ekosistem penjualan dan distribusi di Indonesia yang lebih sehat.

"Kami berkomitmen untuk melindungi konsumen dan memastikan semua orang mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan inovasi dan teknologi dari smartphone POCO," kata Andi.

Langkah berani Xiaomi tersebut untuk membatalkan sejumlah transaksi pembelian POCO M3 diapresiasi oleh orang-orang salah satunya adalah Herry SW, pengamat dan pegiat gawai.

Dalam akun Twitternya, Herry mengatakan "Bagus! Hajar bot dan spekulan!. Untuk selanjutnya, coba minta Lazada untuk tambahkan captcha atau pengaman lain."

Di lain sisi, keputusan tersebut juga disayangkan oleh beberapa orang karena Xiaomi membatalkan transaksi tanpa pandang bulu. Rerata mereka yang mengambil pembayaran melalui COD (Cash On Delivery) paling banyak terkena imbasnya dengan alasan "Alamat pengiriman tidak akurat".

Dari pihak Xiaomi Indonesia sendiri melalui Andi memohon maaf apabila ada yang terkena dampak dari pembatalan ini, semoga memahami bahwa Xiaomi melakukannya demi kepentingan bersama.

Pembatalan akan diikuti dengan penjualan tambahan yang digelar pada tanggal 29 Januari 2021 pukul 10.00 WIB di Lazada sementara penjualan tanggal 2 Februari akan dilakukan sesuai jadwal semula.

Apabila ada konsumen yang terdampak oleh pembatalan ini, POCO menyarankan untuk bisa mengikuti kembali flash sale dengan menuju ke tautan ini.

Sekadar informasi, pada penjualan POCO M3 pada 26 Januari lalu, lebih dari 50.000 unit POCO M3 telah terjual dalam waktu lima menit pada tiga channel online yaitu Lazada, Akulaku, dan Mi.com serta channel offline, Mi Store.