Poco X3 NFC Jadi <i>Mid-Range Killer</i> di Harga Rp3,5 Jutaan
Smartphone Poco X3 NFC (Aditya Fajar/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah meluncurkan smartphone flagship killer, Poco F2 Pro beberapa waktu lalu. Kini Xiaomi merilis Poco X3 NFC yang siap menjadi mid-range killer di antara ponsel harga Rp4 jutaan.

"NFC akan menjadi fitur penting ke depannya dan akan semakin banyak pengguna yang membutuhkan fitur ini," ujar Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia dalam konferensi pers virtual, Kamis, 15 Oktober.

Tak sekadar menjual fitur NFC, Poco X3 juga mempunyai spesifikasi yang sangat mumpuni untuk sebuah ponsel kelas menengah. Chipset milik Qualcomm Snapdragon 732G terbaru hadir dengan GPU Adreno 618.

Selain performa, Poco X3 NFC juga mengunggulkan refresh-rate 120Hz, yang umumnya ditemukan di ponsel kelas premium. Fitur ini datang dengan teknologi baru bernama Dynamic Switch, yang secara otomatis memungkinkan kualitas gambar beralih pada kualitas refresh-rate terbaik berdasarkan penggunaannya.

"Kami mencoba cara yang sama di kelas menengah yaitu dengan memakai Snapdragon 732G yang punya performa mengagumkan di kelas menengah. Bahkan Qualcomm menyebut SoC ini lebih cocok disebut sebagai SoC kelas atas, bukan menengah," papar Alvin.

Snapdragon 732G ini dilengkapi dengan sistem pendingin LiquidCoold Technology 1.0 Plus, yang diklaim bisa mengurangi panas chip sampai enam derajat. Untuk menjaga performanya, Poco X3 NFC juga didukung baterai berkapasitas 5.160mAh dan pengisian cepat 33W.

Poco X3 NFC memiliki ukuran layar 6,67 inch FHD+ DotDisplay ini disebut punya latensi visual yang rendah. Bahkan respon terhadap sentuhannya diklaim 33 persen lebih kencang dibanding ponsel flagship di pasaran.

Caption

Untuk kamera, Poco X3 dibekali sistem quad-camera dengan kamera utama 64MP yang memiliki sensor Sony IMX 682 dan memiliki bukaan f/1.89. Sistem quad-camera tersebut diikuti 13MP ultra-wide angle, 2MP macro dan 2MP depth sensor. Sementara, untuk selfie, ponsel tersebut dilengkapi kamera depan 20MP.

Sistem kamera ini didukung beberapa fitur, yakni Pro mode, yang di dalamnya terdapat fitur smooth video zoom, focus peaking, enam varian dari video kaleidoskop, sejumlah filter foto termasuk AI Skyscaping 3.0. Sebagai tambahan, fitur perekaman video 4K, dukungan format LOG/RAW dan Vlog mode.

Ponsel dengan OS MIUI 12 berbasis Android 10 ini juga punya sensor sidik jari di samping ponsel, menyatu dengan tombol power yang mudah diakses. Ada dua varian warna, yaitu Shadow Gray dan Cobalt Blue.

Poco X3 NFC dibanderol dengan harga mulai dari Rp3,099 juta untuk varian RAM6GB/ROM 64GB, dan Rp3,499 juta untuk varian RAM 8GB/ROM 128GB, yang juga akan dijual secara eksklusif pada 22 Oktober di Shopee dan mi.com.