Bagikan:

JAKARTA - Threads, salah satu aplikasi yang paling dinantikan tahun ini, tampaknya telah diberikan akses awal kepada beberapa selebritas.

Aplikasi baru dari Meta ini akan diluncurkan pada Kamis 6 Juli pukul 3 sore GMT , dan telah dijuluki oleh para ahli sebagai 'pembunuh Twitter'. Namun, sebelum peluncuran globalnya, tampaknya beberapa selebritas telah diberikan akses.

Gordon Ramsay, Shakira, dan Lando Norris hanyalah beberapa selebritas yang telah memposting di Threads.

Sementara itu, CEO Meta, Mark Zuckerberg, juga telah memposting Thread pertamanya, dengan menulis: 'Ayo kita lakukan ini. Selamat datang di Threads.' Threads adalah aplikasi gratis yang Meta sebut sebagai tempat di mana 'komunitas berkumpul' untuk membahas topik melalui teks - yang terdengar sangat mirip dengan Twitter.

"Threads adalah tempat di mana komunitas berkumpul untuk membahas segala hal mulai dari topik yang Anda pedulikan hari ini hingga apa yang akan menjadi tren besok," demikian deskripsi aplikasinya.

"Apa pun yang Anda minati, Anda dapat mengikuti dan terhubung langsung dengan para kreator favorit Anda dan orang lain yang menyukai hal yang sama - atau membangun pengikut setia Anda sendiri untuk berbagi ide, pendapat, dan kreativitas dengan dunia."

Aplikasi ini akan diluncurkan, dan siapa pun yang sudah memiliki akun Instagram akan diberikan akun Threads dengan nama pengguna yang sama. Sebelum peluncuran global, Meta telah memberikan akses awal kepada beberapa selebriti beruntung ke aplikasi ini.

Koki Gordon Ramsay memposting Thread pertamanya dengan isyarat jenaka, "Apakah di sini saya bisa menemukan saus kambing?"

Sementara itu, penyanyi Shakira hanya menulis, "Halo Threads," lengkap dengan emoji tangan yang melambai.

Pembalap Formula 1 Lando Norris dan Oscar Piastri juga telah diberikan akses awal, dengan Norris memposting video dirinya dengan keterangan, "Menunggu teman-teman saya bergabung dengan saya."

Selebritas lainnya yang telah memposting hari ini termasuk pemain sepak bola Kingsley Coman, juara berat kelas MMA Francis Ngannou, pencipta nomor satu Natal sebanyak 5 kali LadBaby, podcaster Steven Bartlett, bintang NBA Seth Curry, investor dan ahli bisnis Gary Vee, dan komedian Adam Waheed.

Threads telah dijuluki sebagai 'pembunuh Twitter' online di tengah ketegangan antara miliarder saingan Elon Musk dan Mark Zuckerberg, yang telah mengatakan bahwa mereka ingin bertarung di dalam kandang di Colosseum di Roma.

Musk tampaknya lebih tertarik setelah berulang kali mendorong pengguna Twitter untuk menghapus akun Facebook mereka, dan dalam masa lalu menyebut jejaring sosial tersebut 'biasa saja'.

Pada awalnya, Threads hanya akan tersedia untuk iOS saat diluncurkan pada Kamis, sehingga pengguna Android harus menunggu.

Mungkin Meta telah mengatur waktu peluncuran Threads untuk memanfaatkan kemarahan baru-baru ini yang ditujukan kepada Twitter, yang telah membatasi akses ke lebih banyak fitur di balik tembok pembayaran.