WinGPT Hadir sebagai Pengganti ChatGPT untuk PC Jadul, Mau Coba?
Ilustrasi WinGPT (foto: dialup.net)

Bagikan:

JAKARTA - ChatGPT hadir sebagai chatbot Kecerdasan Buatan (AI) yang terintegrasi dengan perangkat modern yang memiliki Sistem Operasi (OS) Windows 11 atau lebih baru, tetapi kini hadir WinGPT sebagai penggantinya untuk perangkat jadul.

WinGPT adalah aplikasi pihak ketiga yang dibesut oleh pengembang yang membuat Wordle pada versi Windows 3.1, menghadirkan versi sangat dasar dari respons ChatGPT milik OpenAI ke dalam aplikasi yang dapat berjalan pada chip 386 kuno.

Chatbot itu dibuat dalam C menggunakan API Windows standar Microsoft dan terhubung ke server API OpenAI menggunakan TLS 1.3, jadi tidak perlu PC modern terpisah.

Ini menghilangkan kebutuhan akan mesin proxy dengan OS modern untuk membangun dan memelihara komunikasi.

“Saya membuat sebagian besar UI di C secara langsung, artinya setiap komponen UI harus dibuat secara manual dalam kode. Saya terkejut bahwa rangkaian kontrol standar yang tersedia untuk digunakan oleh program apa pun dengan Windows 3.1 sangat terbatas," kata pengembang WinGPT secara anonim di dialup.net.

"Anda memiliki beberapa kontrol yang Anda harapkan, tombol tekan, kotak centang, tombol radio, kotak edit tetapi kontrol lain yang mungkin Anda perlukan, termasuk yang digunakan di seluruh sistem operasi itu sendiri, tidak tersedia," tambahnya.

Alat ini juga mendukung versi 16-bit atau 32-bit Windows 3.1 atau yang lebih baru dengan penerapan Winsock, namun chatbot tidak akan berjalan secara native pada Windows versi 64-bit.

Persis seperti ChatGPT, WinGPT membantu menjawab pertanyaan tentang segala hal mulai dari acara terkini hingga resep dapur.

Selain itu, chatbot juga dapat memberikan nasihat hidup yang bermanfaat dan memberi tahu pengguna lelucon sepuasnya. Bahkan, WinGPT bisa membantu pengguna menyusun dokumen dan spreadsheet.

Meski begitu, WinGPT memiliki beberapa batasan. Hal itu karena dukungan memori yang terbatas, WinGPT menerima respons singkat yang tidak mempertimbangkan konteks percakapan.

Untuk menjajal WinGPT, pengguna dapat mengunduhnya dari situs web dialup.net. Demikian dikutip dari The Verge dan berbagai sumber, Selasa, 27 Juni.