Laporan Partipost: Lebih dari Setengah Pengguna Medsos Suka Konten Video Pendek
TikTok jadi medsos yang banyak digemari (foto: pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, Partipost, platform influencer marketing terkemuka di Asia, bersama dengan MSW Ventures, baru saja merilis Asia Pacific Insights: Influencer Marketing Report 2023

Survei Partipost kepada hampir 1.000 pengguna media sosial yang berusia antara 25-45 tahun menunjukkan bahwa waktu yang dihabiskan di media sosial meningkat dari tahun 2022 hingga 2023. Sebanyak 88 persen orang mengaku menghabiskan lebih dari 2 jam sehari untuk media sosial. 

Dari jumlah tersebut, sebagian besar pengguna media sosial menyatakan bahwa mereka menggunakan media sosial untuk mendapatkan informasi dan membuat konten untuk dibagikan. Pengguna juga menggunakan media sosial untuk terhubung dengan keluarga dan teman.

Laporan ini juga menunjukkan, di tahun 2023, pengguna media sosial memiliki minat tinggi terhadap konten video pendek, lebih dari 50 persen pengguna sosial media lebih menyukai jenis konten video pendek (short video) saat influencer membuat rekomendasi produk atau jasa.

TikTok dan Instagram Reels merupakan dua platform untuk mempublikasikan konten brand dari para influencer. Laporan ini juga menunjukkan, terdapat peningkatan sebesar 83,6 persen pengguna media sosial yang lebih menyukai TikTok di 2023 dibandingkan tahun 2022.

Dengan demikian, memasarkan produk atau brand melalui media sosial bisa jadi langkah yang efektif untuk menjangkau lebih banyak pengguna. 

Laporan ini bahkan menemukan, di mana hampir 94 persen masyarakat Indonesia perlu melihat produk/jasa yang dipromosikan oleh influencer minimal 2 kali sebelum melakukan pembelian. Mereka juga lebih terpengaruh oleh produk yang direkomendasikan oleh banyak influencer dalam jangka waktu tertentu.