Siap Saingi TikTok, SnackVideo Capai 43 Juta Pengguna Aktif Bulanan
Joseph Kristopel, Executive director Ipsos Indonesia dan Teng Yee Kiong, Country Manager, SnackVideo Indonesia (foto: Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Konten video pendek di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat setiap tahunnya. Dari berbagai aplikasi penyedia konten video pendek, Ipsos Indonesia, pemimpin global dalam riset pasar mencatat bahwa penonton video pendek mencapai 110 juta pengguna aktif bulanan.

"Pasar video pendek telah meledak dalam tiga tahun terakhir dengan total pengguna aktif bulanan mencapai 110 juta dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan atau Compound Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 55%," papar Joseph Kristopel, Executive director Ipsos Indonesia dalam konferensi pers "Indonesia Short Video White Paper 2023" pada Selasa, 7 Maret di Jakarta.

Sebagai salah satu platform penyedia konten video pendek, SnackVideo berhasil menduduki peringkat kedua sebagai aplikasi video pendek terbesar di Indonesia, menyaingi TikTok.

Laporan riset Ipsos juga mengungkapkan bahwa SnackVideo telah berkembang pesat selama 3 (tiga) tahun pertama sejak beroperasi di Indonesia, yaitu tahun 2022, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 318%. Hingga kini, SnackVideo sudah memiliki 43 juta pengguna aktif per bulan pada tahun 2022.

"Sejak diluncurkan di Indonesia pada tahun 2020, SnackVideo telah diterima dengan baik oleh pasar Indonesia dan dengan cepat menjadi aplikasi Video Pendek Terbesar ke-2 di Indonesia. Hal ini sejalan dengan temuan Ipsos yang juga menemukan bahwa reputasi brand kami menonjol di antara aplikasi video pendek lainnya, yaitu konten yang relevan dengan kehidupan sehari-hari para pengguna," ujar Teng Yee Kiong, Country Manager, SnackVideo Indonesia di waktu yang sama. 

Menurut Ipsos, ada tiga kunci sukses pertumbuhan pesat SnackVideo, diantaranya adalah inklusivitas dan kesetaraan, ekosistem komunitas, serta konten yang unik dan bernuansa lokal. 

Selain konten lokal, laporan Ipsos juga menyebutkan bahwa 60% pengguna menonton konten Religi dan Motivasi dalam satu bulan terakhir. Jenis konten ini memiliki pertumbuhan tinggi mengungguli konten Makanan dan Resep Memasak, dan berada di belakang konten Komedi dan Lucu.

Kunci keberhasilan SnackVideo juga ditunjukkan oleh metrik Monitoring Data di dalam aplikasi SnackVideo, yang melibatkan kreator dan pengguna. Metrik tersebut menampilkan lebih dari 700 ribu kreator aktif harian, lebih dari 1,5 juta postingan harian, 2,7 miliar penayangan harian, dan 70 juta likes harian, yang menghasilkan engagement berupa lebih dari 7 juta komentar harian. 

Selain itu, SnackVideo juga dapat membangun komunitas pembuat konten resmi yang terdiri dari sekelompok pengguna dalam berbagai kategori. Komunitas ini disebut SnackVideo Family, yang saat ini memiliki lebih dan 58.000 Family, lebih dari 800.000 anggota SnackVideo Family serta menghasilkan 50% tingkat keaktifan harian.