Bagikan:

JAKARTA - Karena banyaknya permintaan, CEO Telegram Pavel Durov akhirnya mengumumkan akan meluncurkan fitur yang telah ada di sosial media manapun, yaitu fitur Stories ke platformnya mulai Juli 2023. 

"Selama bertahun-tahun, pengguna kami telah meminta kami untuk mengimplementasikan Stories di Telegram. Awalnya, kami menentang ini karena Stories sudah ada di mana-mana. Namun, Telegram tidak akan menjadi Telegram jika kami tidak mendengarkan pengguna kami dan tidak berinovasi pada format yang ada," kata Durov di saluran Telegramnya. 

Berdasarkan demo yang dibagikan, cara kerja Stories Telegram sama seperti Stories di platform lain, Anda dapat membuat cerita, membalas dan juga memberikan reaksi. 

Untuk lebih lanjut, Durov membagikan beberapa alat yang bisa Anda temukan di Stories Telegram, di antara lain:

Privasi: Di sini, Anda akan dapat menentukan siapa yang dapat melihat setiap cerita Anda seperti Semua orang, hanya kontak saya (dengan pengecualian), beberapa kontak terpilih, atau daftar Teman Dekat.

Compact Ul: Stories ini nantinya akan ditempatkan di bagian atas daftar obrolan Anda, sehingga membuatnya mudah diakses.

Fleksibilitas: Seperti di whatsapp, Anda akan dengan mudah untuk menyembunyikan Stories yang diposting oleh kontak mana pun, dengan memindahkannya ke daftar Hidden di bagian Kontak Anda.

Caption: Selain memanfaatkan alat pengeditan foto dan video, Anda juga dapat memberikan teks ke cerita Anda, untuk menambahkan lebih banyak konteks atau tautan dan menandai orang lain.

Dukungan Kamera Ganda: Yang menarik dari Stories Telegram adalah Anda dapat menambahkan opsi untuk memposting foto dan video yang diambil oleh kamera depan dan belakang secara bersamaan. 

Opsional Ephemerality: Selain itu, yang membedakan Stories Telegram dengan Stories di media sosial lain adalah Anda dapat memilih kapan cerita akan kedaluwarsa, baik dalam 6, 12, 24, atau - 48 jam atau bahkan menampilkan cerita secara permanen di halaman profil Anda.

Saat ini, fitur Stories masih dalam tahap pengujian terakhir dan akan tersedia pada awal Juli nanti.