Netflix Kasih <i>Update</i> Buat Pengguna Android Biar Audio Film Makin <i>Joss</i>
Neflix (Photo by Caspar Camille Rubin on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu kekurangan ketika streaming film Netflix lewat smartphone adalah kemampuan audio yang terasa kurang. Tak jarang, pengguna harus menggunakan alat tambahan seperti headset atau TWS agar mendapatkan sensasi menonton yang lebih optimal.

Pasalnya, ukuran speaker yang dimiliki smartphone biasanya kecil, mengingat ukuran smartphone yang tipis pula. Sehingga, tidak ada ruang yang bisa dipakai untuk bergetar, yang selanjutnya berdampak pada kualitas audio secara keseluruhan.

Jangan terkejut jika Anda mencoba streaming film dari Netflix lewat ponsel Android malam ini. Perusahaan sudah meluncurkan pembaruan yang mampu meningkatkan kualitas audio. Bahkan, menurut klaim Netflix, setara audio berkualitas studio!

Berdasarkan rilis yang dibagikan perusahaan lewat The Netflix Tech Blog, versi Android jadi varian pertama yang mencicipi streaming film dengan audio format xHE-AAC (Extended HE-AAC dengan MPEG-D DRC).

“Melanjutkan tradisi, kami dengan bangga mengumumkan bahwa Netflix kini menyiarkan Extended HE-AAC dengan MPEG-D DRC (xHE-AAC) ke perangkat Android yang kompatibel (Android 9 dan yang lebih baru),” tulis Teknisi Perangkat Lunak Senior Phil Williams dan Vijay Gondi pada rilis resmi tersebut.

Pembaruan ini menjanjikan suara berkualitas audio yang lebih konsisten. Sehingga pengguna pun bisa merasakanya di berbagai tempat dan kondisi.

Format baru ini menawarkan variabel baru yang mampu meningkatkan kualitas audio ketika koneksi internet stabil. Pula juga mampu menurunkan kualitas saat koneksi kurang stabil.

Sementara itu, pengaturan suara mampu mencegah perubahan volume yang cukup drastis. Sehingga, pengguna pun bisa mendapatkan audio berkualitas setara meskipun koneksi internet kurang stabil.

Pengaturan suara ini juga mampu mengatasi lingkungan bising tanpa risiko memotong suara paling keras. Anda sebagai pengguna menyimak dialog meskipun diputar melalui speaker smartphone –tanpa perlu mengkhawatirkan kondisi lingkungan.

 “Kelantangan merupakan persepsi subjektif dari tekanan suara. Meskipun korelasi langsungnya dengan tingkat tekanan suara, kelantangan juga dipengaruhi oleh durasi dan susunan spektral suara. Penelitian menunjukan bahwa dalam konten sinematik dan televisi, tingkat dialog adalah elemen terpenting bagi persepsi penonton,” pungkas Phil dan Vijay.

Untuk sementara waktu, pembaruan ini hanya tersedia bagi pengguna ponsel Android yang sudah menjalankan versi Android  9.0 Pie atau yang lebih baru. Masih belum pasti apakah perubahan besar ini bakal diluncurkan perusahaan untuk seluruh platform.