Paus Ethereum Pindahkan 8.000 ETH Senilai Rp227 Miliar ke Dompet Kripto Lain
Ethereum, cryptocurrency terbesar nomor dua setelah Bitcoin. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Whale atau paus dalam dunia kripto merujuk kepada entitas pemegang kripto dalam jumlah banyak, selalu menarik perhatian publik. Kali ini, paus Ethereum (ETH) telah memindahkan sekitar 8.000 ETH ke dompet kripto lain.

Paus itu memiliki ETH sejak 2015 dan belum memindahkan kepemilikannya sejak itu. Namun, baru-baru ini paus itu melakukan pergerakan dengan melakukan transaksi besar. Pada 2015, ETH masih diperdagangkan di harga 0,31 dolar AS (Rp4.600-an). 8.000 ETH itu saat ini bernilai sekitar Rp227 miliar berdasarkan nilai tukar hari ini.

Berdasarkan data dari Lookonchain, sebuah dompet yang tidak aktif sejak 2015 telah memindahkan 8.000 ETH ke dompet lain. Dompet tersebut pertama kali melakukan transaksi sebesar 1 ETH dan kemudian memindahkan 7,999 sisanya setelah beberapa menit.

“Ini berarti bahwa dompet tersebut membayar 2.480 dolar AS (sekitar Rp42 jutaan) untuk 8.000 ETH. Seorang peserta ICO Ethereum yang telah tidak aktif selama 8 tahun terbangun hari ini. Dia mentransfer semua 8000 ETH ke alamat baru,” tulis Lookonchain, 28 Mei 2023.

Sebagai informasi, ICO Ethereum pada tahun 2015 adalah saat di mana Ethereum pertama kali memperkenalkan dirinya ke publik. ICO atau Initial Coin Offering adalah metode penggalangan dana di mana proyek kripto menjual sebagian dari token mereka kepada investor dalam pertukaran mata uang kripto atau fiat.

Dalam hal ini, ETH dijual pada harga yang sangat terjangkau, dan seiring waktu, nilainya meroket secara dramatis. Kejadian ini menunjukkan betapa pentingnya memahami potensi pertumbuhan dan perubahan nilai aset kripto dalam jangka panjang.