Bagikan:

JAKARTA - Pada sebuah sesi tanya jawab (AMA) di platform Reddit, pengguna mengetahui bahwa United States Secret Service memiliki kripto sendiri, memiliki koleksi NFT sendiri, dan memuji kemampuan teknologi blockchain dalam memerangi kejahatan keuangan.

Pada 15 Mei, perwakilan dari Kantor Lapangan San Francisco United States Secret Service dan Tim Komputer Sekutu Penegakan Regional Bay Area (REACT) membuka diri untuk diwawancarai oleh anggota subreddit r/cryptocurrency.

Sementara beberapa regulator masih melihat kripto sebagai alat bagi penipu dan penjahat, tim REACT memberikan apresiasi terhadap sifat publik dan transparan dari blockchain sebagai "kesempatan yang luar biasa" bagi penegak hukum untuk melacak aliran uang.

United States Secret Service sebelumnya telah menyatakan bahwa sifat tak terubah dari buku besar blockchain membuat aktivitas keuangan ilegal lebih mudah untuk dipantau dan dilacak daripada mata uang fiat dalam beberapa kasus.

Sebuah cerita Bitfinex yang akan tampil di Netflix melibatkan penjahat yang tidak biasa telah menguatkan hal ini: sangat sulit untuk mencuci uang menggunakan blockchain.

Menanggapi pertanyaan lanjutan tentang cara terbaik untuk menyembunyikan perilaku mencurigakan di blockchain, United States Secret Service menyatakan bahwa jika orang ingin melakukan tindakan keuangan yang curang, lebih baik menggunakan uang tunai daripada kripto.

Seorang pengguna Reddit juga bertanya apakah United States Secret Service sendiri memiliki kripto, dan otoritas tersebut menjawab bahwa mereka "pasti memiliki kripto" dan menjelaskan bahwa mereka adalah "penggemar" kripto dalam tanggapan-tanggapan selanjutnya. Pihak berwenang tersebut mengatakan bahwa memiliki kripto membantu mereka memahami mekanisme yang lebih dalam dari dunia kripto.

"Sebagian besar kasus memerlukan tingkat pemahaman yang sederhana. Itu merupakan sebuah lelucon yang sering muncul di sini," jelaskan agensi tersebut, dengan akronim "ELI5" mengacu pada subreddit populer r/explainlikeimfive, dikutip Cointelegraph.

Ketika ditanya apakah mereka melihat perbedaan signifikan antara kejahatan kripto dan aktivitas ilegal dalam dunia keuangan tradisional, United States Secret Service mencatat bahwa "sebagian besar" panggilan dan laporan yang diterima oleh kantornya biasanya melibatkan kripto dalam beberapa cara.

"Mereka bervariasi dalam banyak hal dalam investigasi mata uang fiat, baik dalam hal positif maupun negatif, tetapi yang paling mencolok adalah bahwa transaksi kripto tidak dapat dibalik dan tidak dapat diubah," ungkapnya.

Sementara lembaga tersebut merespons berbagai pertanyaan serius, mereka juga menyelipkan pertanyaan lucu dalam sesi tersebut. Ketika seorang pengguna Reddit bertanya apakah United States Secret Service akan mempertimbangkan meluncurkan "memecoin" mereka sendiri, lembaga tersebut merespons dengan mempromosikan koleksi NFT mereka sendiri di OpenSea.