Bagikan:

JAKARTA - CEO OpenAI, perusahaan di balik ChatGPT, mengatakan kepada panel Senat pada Selasa 16 Mei bahwa penggunaan kecerdasan buatan (AI) untuk mengganggu integritas pemilihan umum merupakan "area yang signifikan untuk dikhawatirkan", dan menambahkan bahwa regulasi memang diperlukan.

"Ini membuat saya khawatir," kata CEO OpenAI, Sam Altman, tentang pemilihan umum dan AI, sambil menekankan perlunya aturan dan pedoman.

Selama berbulan-bulan, perusahaan besar dan kecil berlomba-lomba untuk membawa AI yang semakin serbaguna ke pasar, menghabiskan data yang tak terhitung dan miliaran dolar untuk tantangan ini. Beberapa kritikus khawatir teknologi ini akan memperburuk kerugian sosial, termasuk prasangka dan disinformasi, sementara yang lain memperingatkan AI dapat mengakhiri umat manusia itu sendiri.

"Tidak ada cara untuk mengendalikan perkembangan ini. Secara global, ini sedang meledak," kata Senator Cory Booker, salah satu legislator yang memiliki pertanyaan tentang cara terbaik untuk mengatur AI, seperti dikutip Reuters.

Senator Mazie Hirono mencatat bahaya disinformasi menjelang pemilihan tahun 2024. "Dalam konteks pemilihan, misalnya, saya melihat gambar mantan Presiden Trump ditangkap oleh NYPD dan itu menjadi viral," katanya, sembari bertanya kepada Altman apakah dia menganggap gambar yang dipalsukan itu berbahaya.

Altman menjawab bahwa pembuat harus menjelaskan ketika sebuah gambar dihasilkan dan bukan merupakan fakta.

Berbicara di hadapan Kongres untuk pertama kalinya, Altman menyarankan bahwa pada umumnya, Amerika Serikat harus mempertimbangkan persyaratan lisensi dan pengujian untuk pengembangan model AI.

Altman, ditanya tentang AI mana yang seharusnya tunduk pada lisensi, mengatakan bahwa model yang dapat meyakinkan atau memanipulasi keyakinan seseorang akan menjadi contoh "ambang batas yang tinggi."

Dia juga mengatakan bahwa perusahaan harus memiliki hak untuk menyatakan bahwa mereka tidak ingin data mereka digunakan untuk pelatihan AI, yang merupakan salah satu gagasan yang sedang dibahas di Capitol Hill. Namun, Altman mengatakan bahwa materi yang ada di web publik akan menjadi sasaran yang sah.

Altman juga mengatakan bahwa ia "tidak akan mengatakan tidak" terhadap gagasan iklan tetapi lebih suka model berlangganan.

Gedung Putih telah mengumpulkan para CEO teknologi terkemuka, termasuk Altman, untuk membahas AI. Para legislator AS juga mencari tindakan untuk memajukan manfaat dan keamanan nasional teknologi ini sambil membatasi penyalahgunaannya. Konsensus masih jauh dari pasti.

Seorang staf OpenAI baru-baru ini mengusulkan pembentukan lembaga lisensi AI di AS, yang bisa disebut Kantor Keselamatan dan Keamanan Infrastruktur AI, atau OASIS, seperti yang dilaporkan oleh Reuters.

OpenAI didukung oleh Microsoft Corp. Altman juga mendorong kerja sama global dalam bidang AI dan insentif untuk kepatuhan keselamatan.

Christina Montgomery, Chief Privacy and Trust Officer International Business Machines Corp (IBM), mendesak Kongres untuk memfokuskan regulasi pada area yang berpotensi menimbulkan kerugian sosial terbesar.