Studi Temukan Atlet Tinggi dan Ramping Lebih Baik dalam Cuaca Panas, Pendek dan Kekar Lebih Baik dalam Cuaca Dingin
Lionell Messi pemain dengan tubuh pendek yang cocok di kondisi cuaca dingin. (foto: instagram @leomessi)

Bagikan:

JAKARTA - Atlet sepak bola bertubuh pendek dan kekar seperti Lionel Messi mungkin akan kalah dalam kecepatan dari atlet yang lebih tinggi dan ramping seperti Erling Haaland di masa depan karena perubahan iklim.

Sementara itu, pemain tenis yang tinggi seperti Andy Murray mungkin akan lebih baik dalam kontes olahraga ketika suhu lebih panas.

Sebuah studi baru-baru ini yang meneliti performa atlet triathlon profesional menemukan bahwa pria yang lebih tinggi dengan anggota tubuh yang lebih panjang, lebih cepat saat suhu lebih tinggi.

Sementara itu, pria yang lebih pendek dan berotot tampil lebih baik saat suhu lebih dingin. Studi ini menyimpulkan bahwa manusia seperti hewan, cenderung lebih berotot di daerah yang lebih dingin seperti beruang kutub dan lebih ramping seperti beruang coklat di daerah yang lebih panas – mungkin karena hal ini lebih cocok dengan kondisi.

Analisis dilakukan pada 173 atlet yang berkompetisi dalam hampir 200 triathlon ekstrim Ironman selama dua dekade.

Erling Haaland. 

Ditemukan bahwa pria yang tinggi dan ramping sekitar 2,5 persen lebih cepat saat suhu lebih tinggi dibandingkan dengan pria yang pendek dan kekar. Hal ini mungkin karena luas permukaan tubuh mereka lebih besar sehingga mereka dapat menyerap panas dari lebih banyak bagian kulit dan mengeluarkan lebih banyak keringat untuk mendinginkan tubuh.

Ditemukan juga bahwa wanita berlari lebih cepat pada suhu yang lebih panas ketika mereka memiliki kaki yang lebih panjang, meskipun tidak signifikan.

Hal ini mungkin karena wanita menghasilkan keringat lebih sedikit daripada pria, sehingga memiliki kaki yang lebih panjang untuk berkeringat pada cuaca panas tidak terlalu berpengaruh.

Studi ini hanya menemukan perbedaan dalam performa ultra-running, namun profesor Ryan Calsbeek dari Universitas Dartmouth di AS mengatakan hasilnya dapat berlaku untuk olahraga lainnya.

Ini berarti, pada turnamen sepak bola musim panas yang semakin panas, pemain sepak bola tinggi dan ramping seperti bintang Manchester City, Erling Haaland, mungkin akan lebih baik daripada pemain pendek dan kekar seperti Wayne Rooney atau Lionel Messi.

Studi tahun 2019 yang dipimpin oleh Universitas Portsmouth, yang melihat para pemain sepak bola dari tahun 1973 hingga 2014, menemukan bahwa pemain sepak bola saat ini semakin tinggi dan lebih ramping.

Hal ini menunjukkan bahwa otot dan kekuatan pemain seperti Alan Shearer digantikan oleh fisik yang lebih ramping seperti pemain seperti Harry Kane dan Marcus Rashford.

Para atlet sendiri dapat memilih tempat berdasarkan lokasi olahraga dan suhu rata-rata untuk mencoba mencapai rekor pribadi mereka, menurut profesor Calsbeek dalam studi terbarunya yang dipublikasikan di jurnal PLOS One.

"Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemain tenis yang ramping seperti Andy Murray mungkin akan lebih baik berprestasi di US Open yang lebih hangat daripada di Wimbledon, atau seorang pesepeda seperti Chris Froome mungkin akan berhasil jika ia ingin mencoba maraton di negara-negara yang hangat," kata Calsbeek, seperti dikutip Daily Mail.

Petenis Andy Murray

Studi tersebut mencakup perlombaan triathlon dengan jarak hampir 150 mil di lokasi yang sangat panas seperti Hawaii dan Afrika Selatan, serta negara-negara yang lebih dingin seperti Finlandia dan Kanada.

Suhu puncak berkisar dari kurang dari 18°C (64°F) hingga hampir 39°C (102°F).

Penelitian ini membandingkan tinggi badan atlet dan panjang kaki serta lengan mereka yang diukur secara digital dari foto perlombaan.

Pria terbukti lebih cepat dalam lari ketika suhu lebih tinggi, tetapi tidak dalam bersepeda, yang mungkin kurang dipengaruhi oleh suhu karena aliran udara, atau dalam renang, yang melibatkan pemakaian wetsuit hangat bahkan ketika cuaca dingin.

Hasil penelitian ini mendukung teori oleh ahli biologi abad ke-19, Carl Bergmann dan Joel Asaph Allen, bahwa ukuran tubuh keseluruhan hewan, termasuk panjang dan ketebalan anggota tubuh mereka, terkait dengan iklim di lingkungan mereka.

Teori ini juga telah dikaitkan dengan fakta bahwa orang Inuit lebih kecil dan lebih padat dibandingkan orang Eropa.

Profesor Calsbeek, yang pernah menjadi peserta Ironman, terinspirasi untuk melakukan penelitian ini setelah melihat bahwa pemenang triathlon Norseman sebanyak tiga kali, Allan Hovda, memiliki postur tubuh yang padat dan pendek.

"Saya ingin tahu apakah ada sesuatu tentang bentuk tubuhnya yang membuatnya lebih baik berprestasi dalam cuaca dingin, dan memikirkan peran suhu bagi orang yang tidak terlihat seperti atlet daya tahan standar," kata Calsbeek. 

Salah satu penjelasan untuk aturan Bergmann adalah bahwa hewan yang lebih besar memiliki rasio luas permukaan terhadap volume yang lebih rendah daripada hewan yang lebih kecil, sehingga mereka mengeluarkan lebih sedikit panas tubuh dan tetap lebih hangat di iklim dingin.

Sebuah studi yang dipublikasikan tahun lalu menemukan bahwa megalodon - spesies hiu yang punah - tumbuh lebih besar di perairan yang lebih dingin.

Para peneliti menemukan bahwa makhluk yang punah itu tumbuh menjadi ukuran yang lebih besar di lingkungan yang relatif lebih sejuk, seperti di Carolina Utara dan Peru, daripada di daerah yang lebih hangat, seperti di Florida dan Panama.