Anda Termasuk <i>Dog Lovers</i>, Ini 6 Ras Anjing yang Cocok untuk Pelari
Ilustrasi ras anjing yang cocok untuk pelari (Freepik/gpointstudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Olahraga ditemani anjing kesayangan mungkin gagasan yang menarik. Selain karena menyenangkan, aktivitas ini juga menyehatkan. Kalau Anda termasuk runners dan dog lovers, menarik untuk memilih anjing peliharaan ras tertentu.

Ketika membawa anjing berlari, mereka memerlukan waktu istirahat. Maka disarankan membawa air dan memastikan mereka tidak kelelahan. Berikut rekomendasi ras anjing terbaik yang cenderung suka beraktivitas khususnya berlari.

1. Weimaraner

Ras anjing Weimaraner ideal dipelihara pelari karena kecepatan dan daya tahan mereka. Anjing dengan telinga panjang dan jatuh ini, dapat mentolerir panas dan menikmati banyak olahraga lari baik jarak dekat maupun jauh. Rata-rata mereka memiliki berat antara 35-42,5 kilogram dengan tinggi 60-an sentimeter. Menariknya, mereka memiliki warna abu-abu perak dan berbulu pendek.

ras anjing yang cocok untuk pelari
Ilustrasi ras anjing yang cocok untuk pelari (Freepik/wirestock)

2. Vizla

Vizla adalah anjing pemburu, mereka senang berolahraga. Anjin gras ini memiliki daya tahan dan kecepatan yang sangat baik. Mereka dapat mentolerir panas  dan cenderung sangat dekat dengan pemiliknya. Berat rata-rata lebih ringan daripada ras Weimaraner, yaitu rata-rata 22,5-25 kilogram. Warna bulunya cokelat muda dan berbulu pendek yang halus.

3. Dalmatian

Meskipun bukan termasuk ras yang suka olahraga, Dalmatian adalah atlet alami yang membutuhkan banyak latihan untuk berkembang. Melansir The Spruce Pets, Minggu, 19 Maret, sejarah ras ini tidak diketahui dengan baik, tetapi Dalmatian harus tetap aktif dan tetap sibuk. Mereka pernah digunakan sebagai kereta atau anjing pelatih yang akan berjalan di samping kereta kuda. Mereka juga dikenal sebagai anjing pemadam kebakaran.

ras anjing yang cocok untuk pelari
Ilustrasi ras anjing yang cocok untuk pelari (Freepik/holiak)

4. Border Collie

Border collie adalah salah satu ras anjing paling cerdas. Sebagai anggota kelompok penggembala, ras ini senang berpindah-pindah. Border collie adalah anjing yang sangat gesit yang dapat berlari cepat untuk waktu yang lama. Anjing-anjing ini harus tetap aktif atau mereka bisa frustrasi kalau hanya rebahan. Ras ini dapat mentolerir panas tetapi sangat baik dalam suhu yang lebih dingin.

5. Australian Shepherd

Anggota ras anjing yang cerdas lainnya dari kelompok penggembala Australia yang gesit dan atletis menikmati lari yang panjang dan menantang adalah Australian Shepherd.Ras ini sangat membutuhkan stimulasi mental dan fisik.Hindari lari jauh pada hari-hari yang terik karenamereka memiliki bulu yang lebih panjang sehingga paling cocok untuk suhu lebih dingin.

6. Siberian Husky

Siberian Husky adalah anjing pekerja dan dikembangkan untuk mengangkut kereta luncur jarak jauh di salju. Dengan energi yang tampak tak terbatas, ras ini suka berlari.​ Jika Anda tinggal di iklim yang sejuk, anjing ini bisa menjadi teman lari Anda sehari-hari. Namun, husky tidak cocok untuk berlari jauh di cuaca yang lebih hangat.

ras anjing yang cocok untuk pelari
Ilustrasi ras anjing yang cocok untuk pelari (Freepik/wirestock)

Itulah keenam ras anjing yang cocok untuk pelari. Tertarik untuk memelihara atau mengajak hewan kesayangan berolahraga? Perhatikan kebutuhan mereka jika diajak berlari ya. Jangan lupa membawa minum, treats, harness, dan perlengkapan lainnya.