Bagikan:

JAKARTA - Steam, layanan distribusi digital permainan video dari Valve mengumumkan beberapa fitur baru dan juga peningkatan fitur yang sudah ada di ke platformnya yang mencakup pembaruan dialog, menu, font, dan warna. 

Pertama, Valve telah merombak merombak Tampilan Dalam Gim sepenuhnya. Dengan antarmuka baru ini, Valve ingin semua pemain dapat dengan cepat mengobrol atau memeriksa pertanyaan atau konten terkait gim.

Selanjutnya, ada juga bilah alat baru yang akan memberikan pengguna akses ke apa pun yang mungkin diperlukan di tengah permainan. Jadi, Anda akan dapat memilih beberapa jendela untuk mempersonalisasi yang ingin Anda lihat di overlay.

Anda dapat menyematkan jendela dari overlay, sehingga jendela-jendela itu akan muncul di atas gim saat Anda sedang bermain gim. Anda juga dapat mengatur tingkat opasitas agar permainan Anda tidak terganggu.

Ada juga fitur Game Overview yang akan memperlihatkan apa saja yang terjadi dengan gim sejak terakhir kali Anda mainkan. Misalnya, Steam akan menunjukkan pencapaian apa yang sedang Anda capai, teman mana yang memainkan gim yang sama, panduan teratas, berita, dan lain sebagainya.

Fitur baru lainnya yang tak kalah menarik adalah fitur Notes, yang memungkinkan Anda untuk menulis catatan tentang gim yang sedang Anda mainkan. Catatan ini akan disimpan per gim dan akan disinkronkan ke PC lain yang Anda masuki, dan juga dapat diakses di luar overlay dalam gim, di halaman detail gim.

Semua fitur ini sekarang tersedia di Steam Client Beta. Selain itu, Valve mengatakan telah mengirimkan pembaruan ini di Steam Desktop, Big Picture Mode dan Steam Deck secara bersamaan.