Ganti Nama, Kia Hapus Kata 'Motors'
CEO KIA Song Ho-sung dalam peluncuran logo baru Kia secara virtual. (worldwide.kia.com)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan otomotif asal Korea Selatan Kia, mengumumkan pergantian nama perusahaan dalam peluncuran virtual yang dihelat Jumat 15 Januari waktu setempat.

Salah satu alasan penghapusan kata 'Motors' adalah, untuk melepaskan diri dari citra model bisnis otomotif tradisional. Tak hanya nama perusahaan, logo dan slogan baru perusahaan juga diumumkan dalam acara ini. 

Slogan baru 'Movement that inspires' dimaksudkan, komitmen Kia untuk menginspirasi konsumen lewat berbagai produk, layanan dan pengalaman menggunakan produk Kia.

"Di Kia, kami percaya bahwa transportasi, mobilitas, dan pergerakan mewakili hak asasi manusia," kata CEO Kia Song Ho-sung, melansir koreatimes.

"Visi kami adalah menciptakan solusi mobilitas berkelanjutan bagi konsumen, komunitas, dan masyarakat secara global. Hari ini kami mulai mewujudkan visi ini dengan meluncurkan tujuan dan strategi merek baru kami untuk masa depan," tandasnya

kia
Ilustrasi Kia. (Nil Bogdanovs/Unsplash)

Perubahan nama ini tidak lepas dari strategi jangka panjang perusahaan yang disebut 'Plan S', dimana mereka akan memperluas bisnisnya termasuk kendaraan listrik (EV), layanan mobilitas, hingga bisnis berkelanjutan terkait transportasi.

Untuk diketahui, Kia yang didirikan pada tahun 1944, mulai menggunakan kata 'Motors' pada Maret 1990, ketika perusahaan memilih untuk fokus pada bisnis otomotif. Sebelumnya, Kia bernama Kia Industrial yang memproduksi mesin, sepeda dan suku cadang mobil.