Galaxy S21 Bisa Jadi Kunci Serep Mobil Audi, Ford hingga BMW
Teknologi UWB dalam Galaxy S21 (Sammobile)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung umumkan kerja samanya dengan sejumlah pabrikan mobil. Kesepakatan tersebut menghasilkan tambahan fitur canggih dalam ponsel Samsung Galaxy S21, yaitu perangkat anyar itu bisa mengontrol mobil kenamaan seperti Ford, BMW, Audi, dan Genesis.

Fitur ini bisa menjadi kunci “serep” bagi pemiliki mobil salah satu merek pabrikan tersebut ketika kunci kendaraannya tertinggal di suatu tempat. Raksasa teknologi asal Korea Selatan itu bermitra dengan sejumlah pabrikan mobil terkenal untuk membawa fungsi kunci digital ke perangkat Galaxy S21.

Melansir Sammobile, fitur ini diharapkan segera meluncur pada tahun ini. Sejak ada standar industri yang mendukung teknologi tersebut, kunci digital akhirnya bisa dibagikan ke berbagai smartphone. Artinya, pengguna dapat membagikan kunci digital mobilnya ke rekan lain, apa pun merek ponselnya.

Perusahaan mengungkapkan bahwa fitur ini bakal dilengkapi dengan teknologi Ultra Wide Band (UWB). Perangkat ponsel akan bisa mendeteksi getaran energi daya rendah dari mobil yang menggunakan UWB. Ketika pengguna mendekati mobil, maka teknologi ini akan secara otomatis membukakan kunci pintu kendaraan tersebut.

Dengan teknologi UWB ini, pengguna juga akan diberi kemudahan untuk menemukan mobilnya di tempat parkir yang penuh. Fitur ini sangat berguna bagi para pengguna yang kerap lupa letak mobilnya di parkiran umum.

Tidak hanya itu, Samsung juga menghadirkan jendela bidik berbasis augmented reality (AR) ke dalam perangkat UWB. Ponsel-ponsel yang hadir dengan mengusung teknologi UWB ini meliputi, Galaxy S21+, Galaxy S21 Ultra, Galaxy Z Fold 2, dan Galaxy Note 20 Ultra.

“Samsung telah melakukan investasi yang cukup signifikan dalam teknologi UWB, karena kami menyadari potensinya yang sangat besar dalam merevolusi cara kita menggunakan perangkat pintar untuk mengatur hidup kita,” tulis pihak Samsung di laman resminya.

“Salah satu yang terhebat dari teknologi ini adalah kemampuannya yang tak terbatas untuk inovasi. Kami baru saja mulai memanfaatkan potensi UWB, dan itu sangat menarik,” tambah Samsung.