Dijual terpisah dari Galaxy S21, Samsung Bakal Diskon Harga charger yang Dijual
Samsung 25W USB-C Fast Charging Wall Charger (Samsung)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah menyindir Apple untuk tidak menyertakan charger dalam seri iPhone terbarunya, kini Samsung juga seperti jilat ludah sendiri dengan melakukan langkah serupa. Samsung hanya menyertakan kabel USB Type-C dalam boks penjualan.

Samsung pun juga mengumumkan bahwa mereka melakukan pemangkasan harga untuk chargernya, Samsung 25W USB-C Fast Charging Wall Charger dengan alasan perusahaan tahu konsumen pasti akan membeli charger untuk ponsel baru mereka.

Sebelum diskon, charger tersebut dijual di harga 34,99 dolar AS (Rp491 ribuan), kini setelah mendapat potongan harga, charger itu dijual di harga 19,99 dolar AS (Rp280 ribuan). 

Namun, belum ada info lebih lanjut kapan pemotongan harga itu akan diberlakukan. Samsung juga rumornya akan memangkas harga charger nirkabelnya.

Pengisi daya yang hadir dalam varian warna hitam dan putih ini memiliki port USB-C di bagian atas. Charger tersebut juga mendukung teknologi Power Delivery hingga 25W.

Perusahaan asal Korea Selatan itu mengungkapkan alasannya untuk tidak menyertakan charger ke dalam boks penjualan. Mereka beralasan bahwa banyak pengguna smartphone Galaxy yang sudah memiliki kabel Type-C, sehingga aksesori charger lama bisa digunakan untuk mengisi daya Galaxy S21.

Di lain sisi, keputusan ini juga mempertimbangkan masalah keberlangsungan (sustainabillity) lingkungan yang disebut sebagai komitmen Samsung terhadap masa depan.

Selain charger, diketahui Samsung juga tidak menyertakan earphone di dalam kotak penjualan Galaxy S21.

"Untuk mendukung komunitas Galaxy dalam perjalanan ini, kami bertransisi untuk menanggalkan charger dan earphone di lini smartphone Galaxy terbaru kami," kata Patrick Shomet, EVP dan Head of Customer Experience Office, Mobile Communications Business Samsung Electronics dalam situs resmi Samsung.

Pendapat serupa juga dilayangkan oleh M. Taufiq Furqan selaku Product Marketing Samsung Electronics Indonesia. Taufiq menuturkan bahwa pengguna kini banyak memiliki kecenderungan terhadap earphone favorit masing-masing.

Dalam peluncuran Galaxy S21 Series, perusahaan Korea itu juga menghadirkan Galaxy Buds Pro, TWS premium terbaru Samsung. 

Earbuds ini juga akan masuk paket pre-order Galaxy S21 Plus dan Galaxy S21 Ultra di Indonesia. Langkah Samsung seolah mengekor Apple yang merilis iPhone 12 series, tanpa adaptor di dalam kotak kemasan.