Sony akan Luncurkan Tag Aksesibilitas di PlayStation Store Mulai Minggu Ini
Sony luncurkan Tag Aksesibilitas (foto: blog PlayStation)

Bagikan:

JAKARTA - Sony Interactive Entertainment (SIE) mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan Tag Aksesibilitas secara global minggu ini di PlayStation Store pada konsol PS5. 

Dengan Tag Aksesibilitas, maka developer gim akan dapat memberikan wawasan lebih mendetail tentang fitur aksesibilitas apa saja yang didukung di gim mereka. 

Saat menelusuri berbagai gim hub PlayStation Store di PS5, jika gim tersebut mendukung Tag Aksesibilitas, Anda akan melihat daftar fitur aksesibilitas apa saja yang tersedia dalam gim tersebut, hanya dengan menekan tombol Segitiga. 

"Ini dapat berkisar dari pengaturan aksesibilitas visual dan audio hingga opsi pengontrol DualSense, pengaturan kesulitan, dan fitur komunikasi online seperti transkripsi obrolan," kata Hideaki Nishino, Wakil Presiden Senior, Pengalaman Platform, SIE dalam blog PlayStation. 

Tag Aksesibilitas akan tersedia untuk gim PS5 dan PS4 di PlayStation Store di PS5. Jika versi platform PS5 dan PS4 tersedia, Anda dapat membandingkan Tag Aksesibilitas untuk masing-masing melalui menu drop-down.

Dengan Tag Aksesibilitas, Anda dapat dengan mudah melihat apakah gim yang ingin Anda mainkan menampilkan opsi aksesibilitas yang Anda cari. Meski begitu, Sony menegaskan bahwa Tag Aksesibilitas di PlayStation Store untuk PS5 akan dirilis secara bertahap untuk pemain minggu ini. 

Saat peluncuran nanti, berbagai gim seperti Days Gone, Death Stranding Director's Cut, Ghost of Tsushima Director's Cut, God of War, God of War Ragnarök, Gran Turismo 7, Marvel's Spider-Man Remastered, Marvel's Spider-Man: Miles Morales, Ratchet & Clank: Rift Apart, dan Returnal akan mendukung Tag Aksesibilitas. 

Berikut adalah contoh dari lebih dari 50 Tag Aksesibilitas yang tersedia untuk dipilih oleh developer game, dalam enam kategori:

  • Fitur aksesibilitas visual, seperti teks yang jelas, teks besar, alternatif warna, isyarat audio, dan indikator audio arah. 
  • Fitur audio, seperti kontrol volume, audio mono, pembaca layar, dan alternatif isyarat visual.
  • Opsi subtitle dan teks, termasuk ukuran subtitle, teks yang jelas, dan teks besar.
  • Opsi kontrol, termasuk pemetaan ulang tombol, sensitivitas thumbstick, dan kemampuan untuk bermain tanpa menahan tombol, menekan tombol dengan cepat, atau kontrol gerakan.
  • Opsi gameplay, seperti pengaturan kesulitan, teka-teki yang dapat dilewati, acara waktu cepat yang disederhanakan, dan kecepatan gim.

Opsi komunikasi online, seperti transkripsi obrolan teks atau suara dan komunikasi ping.