Aplikasi Apple Music Classical Resmi Dirilis Secara Global, Bawa Katalog Lebih dari Lima Juta Lagu!
Apple meluncurkan Apple Music Classical. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple hari ini meluncurkan Apple Music Classical, aplikasi streaming musik mandiri baru yang dirancang untuk menghadirkan pengalaman mendengarkan musik klasik.

Dengan Apple Music Classical, pengguna Apple Music dapat dengan mudah menemukan rekaman apa pun di katalog musik klasik dengan pencarian yang dioptimalkan sepenuhnya untuk langsung memberikan apa yang dicari pengguna.

Aplikasi tersebut akan menggunakan semua kombinasi kata kunci, dari komposer, karya, hingga nomor karya, konduktor, artis, atau instrumen, nama panggilan sebuah karya dan akan menampilkan semua yang tersedia.

“Kami menyukai musik, itulah yang kami inginkan dan musik klasik merupakan dasar dari musik semua genre. Apple Music Classical adalah aplikasi khusus yang sangat bagus untuk para ahli klasik serta siapa saja yang baru mengenal musik klasik," ungkap wakil presiden Apple untuk Apple Music and Beats, Oliver Schusser pada laman resmi perusahaan, dikutip Rabu, 29 Maret.

"Kami percaya ini adalah pengalaman streaming musik klasik terbaik yang tersedia di mana saja, dan bagi kami, ini baru permulaan," imbuhnya.

Apple Music Classical lahir dari Primephonic, yang diakuisisi perusahaan pada 2021 dengan maksud untuk meluncurkan aplikasi yang berfokus pada musik klasik di 2022.

Peluncuran aplikasi ini, Apple menyatakan janjinya akan lebih baik dalam menangani metadata kompleks yang sering dikaitkan dengan rekaman klasik, dan aplikasi juga akan memiliki hal-hal seperti daftar putar yang dikurasi dan biografi komposer untuk membantu orang lebih mengenal genre tersebut.

Menurut perusahaan, kombinasi Apple Music Classical dan Apple Music memberikan pengalaman musik yang lengkap untuk semua orang, mulai dari penggemar musik klasik lama hingga pendengar pemula, dan semua orang di antaranya.

Dikatakan Apple, katalog akan berisi lebih dari lima juta lagu dan hadir juga audio lossless hingga 24 bit/192 kHz di seluruh layanan sehingga pendengar dapat merasakan nuansa setiap pertunjukan.

Tab Telusuri Apple Music Classical juga akan membantu pendengar menjelajahi katalog dipandu oleh minat mereka, mulai dari komposer, instrumen, dan periode, hingga konduktor, orkestra, dan paduan suara, serta genre klasik.

Apple Music Classical tersedia untuk diunduh di App Store di mana pun Apple Music ditawarkan, kecuali China, Jepang, Rusia, Korea Selatan, Taiwan dan Turki.

Pelanggan Apple Music lama dapat langsung menikmati Apple Music Classical tanpa biaya tambahan, dan tersedia untuk semua model iPhone yang menjalankan iOS 15.4 atau lebih baru.

Sebagai informasi, versi aplikasi untuk Android akan segera hadir. Untuk mendengarkan musik di Apple Music Classical, pengguna harus memiliki koneksi Internet.