Ini Alasan Microsoft Membiarkan Penggunaan Windows Bajakan di Kalangan Pribadi dan Pendidikan
Windows dari Microsoft menjadi perangkat lunak yang paling banyak dibajak di seluruh dunia. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah studi pada tahun 2018 melaporkan bahwa setidaknya 91 persen pengguna PC di India menggunakan salinan bajakan Windows. Bahkan, ketika seseorang membeli PC atau laptop baru dengan Windows yang sudah terpasang, sekitar 80-85 persen dari waktu tersebut, pengguna mendapatkan salinan bajakan dari sistem operasi tersebut. Hal menarik di sini adalah Microsoft sangat menyadari fakta ini serta angka di baliknya.

Mungkin seseorang berpikir bahwa mengingat seberapa ketatnya dan litigius kebanyakan perusahaan teknologi tentang produk mereka digunakan tanpa lisensi yang tepat, perusahaan seperti Microsoft akan mengirimkan pemberitahuan untuk menghentikan dan memproses pengguna yang melakukan pembajakan. Faktanya, Microsoft tidak terlalu peduli jika pengguna PC menggunakan salinan bajakan Windows mereka.

Microsoft sebenarnya mengandalkan kenyataan bahwa seseorang menggunakan salinan bajakan Windows, selama itu adalah sistem operasi Windows yang dipilih, dibandingkan alternatif lainnya. Ini berlaku selama pengguna dan PC menggunakan sistem operasi tersebut untuk penggunaan pribadi mereka.

Dalam sebuah wawancara, Bill Gates, saat dia menjabat sebagai CEO, presiden, dan arsitek perangkat lunak utama di Microsoft, pernah menyatakan bahwa selama orang mencuri perangkat lunak dan menggunakan sistem operasi bajakan, kita ingin mereka mencuri produk kami.

Konsep di balik pemikiran ini adalah jika Microsoft membiarkan pengguna individu menggunakan salinan bajakan Windows, kemungkinan orang-orang yang belajar tentang komputer, serta anak-anak, akan mengembangkan keterampilan komputer mereka di sekitar sistem Windows. Begitu juga dengan sekolah dan lembaga pendidikan yang menggunakan Windows bajakan, akan memiliki generasi pengguna komputer yang lebih memilih sistem operasi Windows.

Namun, ketika seseorang bergabung dengan dunia kerja dan harus menggunakan komputer, mereka harus menyediakan mesin dengan Windows, meskipun ada banyak sistem operasi gratis dan open source di luar sana. Microsoft sebenarnya menangani pembajakan Windows sangat serius, jika dilakukan oleh bisnis atau perusahaan.

Mereka mengirimkan pemberitahuan bahkan kepada organisasi nirlaba ketika mengetahui bahwa komputer yang digunakan di dalam bisnis menggunakan Windows bajakan. Dalam hal ini, bisnis atau perusahaan harus membayar lisensi Windows yang sah, yang Microsoft sangat senang untuk menyesuaikan, baik dalam hal layanan yang dibutuhkan, maupun biaya untuk setiap mesin di mana sistem operasi mereka diinstal. Inilah di mana Microsoft sebenarnya mendapatkan sebagian besar uangnya dari penjualan perangkat lunak.