Microsoft Perkenalkan Fitur AI untuk Meningkatkan Produktivitas dalam Suite Perangkat Lunaknya
Microsoft Corp memperkenalkan rencana terbarunya untuk menghadirkan kecerdasan buatan kepada lebih banyak ke pengguna. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft Corp memperkenalkan rencana terbarunya untuk menghadirkan kecerdasan buatan kepada lebih banyak ke pengguna, sebagai tanggapan terhadap serangkaian pengumuman dari pesaingnya, Google, dengan melakukan upgrade pada perangkat lunak kantornya yang banyak digunakan.

Perusahaan teknologi ini memperkenalkan "AI copilot" baru untuk Microsoft 365, paket produknya yang meliputi dokumen Word, spreadsheet Excel, presentasi PowerPoint, dan email Outlook. Menurut Microsoft, AI ini akan memberikan draf pada aplikasi-aplikasi tersebut, mempercepat pembuatan konten dan menghemat waktu kerja karyawan. Pada awalnya, fitur ini hanya tersedia untuk pelanggan bisnis yang dipilih untuk diuji coba.

Perusahaan yang berbasis di Redmond, Washington, yang unggul dari pesaingnya melalui investasi pada pencipta ChatGPT OpenAI, juga memperkenalkan pengalaman "business chat" baru yang dapat menarik data dan melakukan tugas-tugas di seluruh aplikasi dengan perintah tertulis dari pengguna.

"Kami percaya generasi baru AI ini akan membuka gelombang baru pertumbuhan produktivitas," kata Satya Nadella, chief executive Microsoft, dalam presentasi yang disiarkan langsung dan dikutip Reuters.

Gelombang berita minggu ini termasuk pendanaan baru untuk startup AI Adept, yang mencerminkan bagaimana perusahaan besar dan kecil saling bersaing untuk mengimplementasikan perangkat lunak yang dapat merubah cara orang bekerja.

Pusat perhatian adalah Microsoft dan pemilik Google, Alphabet Inc, yang pada Selasa 14 Maret memperkenalkan fitur AI untuk Gmail dan "tongkat ajaib" untuk membuat naskah dalam pemroses kata miliknya sendiri. Kemampuan yang ditampilkan oleh Microsoft dan Google serupa.

Kebangkitan untuk berinvestasi dan membangun produk baru dimulai dengan peluncuran ChatGPT tahun lalu, sensasi chatbot yang menunjukkan potensi dari model bahasa besar yang disebut.

Teknologi seperti ini belajar dari data masa lalu bagaimana membuat konten baru, memperkuat AI copilot baru Microsoft bersama dengan data bisnis dan aplikasi lainnya. Jenis AI ini juga berkembang pesat. Hanya pekan ini, OpenAI mulai merilis versi yang lebih kuat yang dikenal sebagai GPT-4, yang disertakan dalam chatbot di mesin pencari Bing milik Microsoft yang diperbarui.

Dalam salah satu update terbesar perusahaan pada Kamis, 16 Maret, Microsoft mengatakan AI dapat membuka keajaiban komputasi perangkat lunak spreadsheet Excel - yang selama ini menjadi domain analis terlatih - bagi siapa saja yang dapat menggambarkan perhitungan yang mereka inginkan dalam teks sederhana.

Microsoft juga mengatakan AI dapat merangkum thread email dan pertemuan virtual saat terjadi dalam perangkat lunak kolaborasi Teams-nya, mirip dengan catatan langsung oleh AI yang ditunjukkan oleh Google kepada para wartawan minggu ini.

Menurut Micosoft, pengalaman obrolan bisnis baru Microsoft juga dapat menjawab pertanyaan seperti, "beri tahu tim saya bagaimana kami memperbarui strategi produk," dengan mengambil petunjuk dari email, rapat, dan utas obrolan pagi hari.