Samsung Mulai Garap Chip 4nm Generasi Ketiga, Rebut Kembali Pasar dari TSMC!
Samsung Electronics dikabarkan akan memulai produksi massal chip 4nm generasi ke-3 pada paruh pertama 2023 (foto: dok. samsung)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung Electronics dikabarkan akan memulai produksi massal chip 4nm generasi ke-3 pada paruh pertama 2023, setelah mengalami masalah pada peningkatan tingkat hasil tahun lalu dalam memproduksi chip 3nm. Sekarang, tampaknya perusahaan telah mengatasi hambatan tersebut.

Menurut laporan, chip 4nm Samsung akan didasarkan pada proses 2.3 generasi. Diklaim, perusahaan yang akan memanfaatkan teknologi ini adalah Google.

Raksasa teknologi yang berbasis di California, Amerika Serikat (AS) itu telah terbukti menjadi pelanggan jangka panjang Samsung, kemungkinan akan mendesain Tensor G3 pada proses 4nm generasi ketiga.

Langkah Samsung ini juga sebagai strategi untuk kembali menggaet kliennya, Qualcomm yang kini beralih pada Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Sebab, Samsung kerap mengalami masalah besar dalam meningkatkan hasil, akhirnya kehilangan pelanggan terbesarnya, Qualcomm ke TSMC. Di mana Snapdragon 8 Gen 3 yang akan datang dikabarkan dibuat pada proses TSMC 4nm yang sama dengan Snapdragon 8 Gen 2.

Dengan langkah baru ini, Samsung memiliki kesempatan untuk memamerkan peningkatan yang dilakukan pada nodenya sendiri.

Perusahaan dilaporkan akan memiliki produk yang mengalami peningkatan kinerja, konsumsi daya yang lebih rendah, dan area cetakan yang lebih kecil.

Peningkatan itu dikatakan karyawan internalnya menjadi 60 persen. Tetapi, bahkan dengan peningkatan tersebut, Samsung tertinggal di belakang TSMC, produsen dengan tingkat hasil di kisaran 70 hingga 80 persen.

Saat ini, Samsung Electronics telah mengambil langkah dalam proses lanjutan, yang mengarah ke persaingan yang semakin ketat dengan TSMC dalam proses fabrikasi ultra-mikro produksi massal untuk chip 5-nm atau lebih canggih.

Counterpoint Research menyatakan, dikutip dari FoneArena, Selasa, 14 Maret, proses 4nm dan 5 nm menyumbang persentase penjualan tertinggi (22 persen) pada kuartal ketiga tahun lalu, melampaui proses 6nm dan 7nm (16 persen) dan 16nm, 14nm dan Proses 12nm (11 persen).

Untuk mengimbanginya, TSMC juga berencana memproduksi chip 4nm secara massal di pabriknya di Phoenix, Arizona pada 2024, sementara Samsung Electronics membangun jalur produksi 4nm di pabrik pengecorannya di Taylor, Texas, untuk mulai beroperasi pada tahun kedua ini.