Tiga Hari Lagi! Qualcomm Dikabarkan Debut Chipset Anyar Snapdragon 8 Gen 1 Plus
Qualcomm mulai mengirimkan undangan untuk acara peluncuran Chip terbari pada 20 Mei. (foto: dok. qualcomm)

Bagikan:

JAKARTA - Qualcomm telah mulai mengirimkan undangan untuk acara peluncuran yang dijadwalkan berlangsung pada 20 Mei. Desas-desus beredar, perusahaan akan meluncurkan Snapdragon 8 Gen 1 Plus di gelaran tersebut.

Konfirmasi resmi datang dari perusahaan dalam bentuk postingan di Weibo, yang menyertakan gambar undangan dalam bahasa China dengan teks Snapdragon Night.

Selain itu, ada juga logo Snapdragon di poster yang menunjukkan kemungkinan di acara ini akan disuguhi peluncuran chipset anyar Snapdragon baru.

Raksasa San Diego, California, AS itu memang tidak jauh-jauh membeberkan nama-nama produk yang akan mereka luncurkan saat ini.

Namun, diduga terdapat dua chipset baru di acara tersebut, termasuk prosesor Snapdragon 7 Gen 1 yang sangat ditunggu-tunggu dan chip Snapdragon 8 Gen 1 kelas unggulan alias model Plus.

Melansir Slashgear, Selasa, 17 Mei, Snapdragon 8 Gen 1 akan menandai lahirnya generasi baru chipset kelas menengah dari Snapdragon. Salah satu perubahan yang menonjol pada chipset anyar itu adalah akan diproduksi menggunakan proses manufaktur 4nm TSMC.

Di sisi lain, chip Snapdragon 8 Gen 1 asli menggunakan proses manufaktur 4nm Samsung. Perubahan ini kemungkinan akan meningkatkan kinerja keseluruhan chip kelas unggulan yang akan datang.

Sementara, rumor saat ini menunjukkan kemungkinan chipset Snapdragon 7 Gen 1 menampilkan prosesor octa-core dengan 4-core kinerja dan 4-core efisiensi.

Sedangkan inti kinerja kemungkinan didasarkan pada ARM Cortex A710, inti efisiensi dapat menggunakan inti ARM Cortex A510. Chipset tersebut juga akan mengintegrasikan GPU Adreno 662 untuk grafis.

Terkait