Munculnya Proyek CryptoGPT yang Diisukan sebagai <i>Pump-and-Dump</i>  Trending di Twitter
CryptoGPT" menjadi trending di Twitter. (foto: twitter @cryptoGPT_net)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah hashtag di Twitter terkait dengan token kripto kecerdasan buatan yang disebut "CryptoGPT" menjadi trending di Twitter di Amrika Serikat. Bersamaan dengan itu, sejumlah akun Twitter yang sangat mirip juga muncul. Bahkan beberapa di antaranya telah mempromosikan giveaway yang kemungkinan palsu.

Pada saat artikel ini ditulis, "Download CryptoGPT" menjadi trending, dengan adanya 6.185 tweet terkait. GPT-4 (Generative Pre-trained Transformer 4), jaringan syaraf buatan yang belum dirilis yang dibuat oleh OpenAI, juga menjadi trending dengan 4.683 tweet.

Sementara itu, puluhan akun Twitter dengan nama "CryptoGPT" dapat ditemukan di Twitter, dengan beberapa menawarkan giveaway atau airdrop yang kemungkinan palsu.

Banyak dari akun-akun ini menggambarkan proyek yang diklaim memungkinkan pengguna menggunakan blockchain untuk memonetisasi data mereka dengan kecerdasan buatan. Sistemnya didasarkan pada Ethereum dan mengadopsi lapisan jaringan zero-knowledge rollup layer-2.

Proyek tersebut diklaim bertujuan untuk menarik pengembang aplikasi terdesentralisasi untuk membangun di blockchain mereka. CrypoGPT akan menawarkan token GPT-nya sebagai pembayaran untuk data pengguna anonim yang dihasilkan dari penggunaan DApps tersebut.

Namun, meskipun nama proyek tersebut, proyek ini tidak tampak berkaitan langsung dengan ChatGPT AI chatbot yang populer belakangan ini.

Token kripto tersebut juga tampaknya didukung oleh beberapa bursa kripto, setidaknya dari perspektif penawaran. Pada tanggal 8 Maret, Bitfinex mengumumkan akan mencantumkan token GPT asli dari CryptoGPT dua hari kemudian, dengan menggambarkannya sebagai proyek yang bertujuan untuk menawarkan pengguna kesempatan untuk mendapatkan kripto dengan membagikan data mereka secara anonim. Bursa lain yang dilaporkan akan mencantumkan token GPT termasuk PancakeSwap, ByBit, Gate, MEXC, dan Bitget, antara lain.

Pada awal tahun ini, perusahaan analitik blockchain PeckShield memperingatkan pengikutnya tentang puluhan token "pump & dump" yang diduga terkait dengan ChatGPT dan Bing AI.

Skema pump-and-dump biasanya melibatkan para pencipta dalam mengoordinasikan kampanye pernyataan yang menyesatkan dan hiper untuk meyakinkan investor untuk membeli token, kemudian secara diam-diam menjual saham mereka di dalam skema ketika harga naik.